Gonta-Ganti Pewarna Rambut? Jangan Takut, Ini Tips Perawatannya agar Tetap Sehat

Tren warna rambut yang terus berganti, tentunya semakin diminati. Membuat banyak orang ingin mencoba mewarnai rambutnya, baik wanita maupun laki-laki. Mewarnai rambut juga dinilai membuat seseorang lebih percaya diri dan kekinian.

Keadaan pandemi Covid saat ini juga membuat banyak orang secara tiba-tiba ingin mengecat rambutnya, mungkin semata terlalu bosan di rumah atau pun ingin sekadar mencoba-coba.

Namun, perlu diingat bagi yang suka mewarnai rambut, ada efek sampingnya lho! Contohnya rambut bisa kering, kusam dan bercabang. Bahan kimia di dalam pewarna rambut seperti para-phenylenediamine (PPD) dapat menimbulkan alergi. Makanya perawatan rambut yang diwarnai apalagi yang sering gonta-ganti, harus lebih ekstra lagi dalam perawatannya dari pada yang tidak diwarnai.

Nah, lalu apa saja yang bisa dilakukan agar rambut yang diwarnai tetap sehat? Berikut beberapa tips merawat rambut yang sering diwarnai, dirangkum dari berbagai sumber:

1) Kurangi penggunaan alat styling rambut. Alat styling rambut yang memindahkan panas pada rambut seperti hair dryer dan catokan membuat rambut menjadi rapuh dan bercabang. Jika dirasa sangat perlu untuk memakainya, usahakan hair dryer janga terlalu dekat dengan rambut dan untuk catokan jangan mencatok rambut dalam keadaan basah karena rambut lebih rapuh saat basah. Tetapi jika merasa tidak diperlukan sebaiknya kurangi penggunaannya.

2) Memakai Shampoo dan Conditioner khusus untuk rambut diwarnai. Shampoo dan Conditioner khusus rambut yang diwarnai tentunya terdapat kandungan ekstra untuk merawat rambut yang diwarnai. Selain itu juga mampu melindungi warna agar lebih tahan lama dan mengisi ulang protein yang hilang ketika mewarnai rambut.

3)Gunakan masker rambut secara rutin. Masker rambut juga berperan penting untuk merawat kesehatan rambut, ditambah lagi untuk rambut yang diwarnai. Pewarnaan rambut umumnya bisa menimbulkan rambut kering dan kusam. Dengan memakai masker rambut secara rutin dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pewarnaan rambut. Banyak sekali merk masker rambut yang dijual di pasaran dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda dan bisa kita sesuaikan sesuai kebutuhan rambut.

4) Keramas menggunakan air dingin. Mencuci rambut dengan air dingin dapat melindungi minyak alami rambut yang merawat rambut tetap terawat dan lembut. Selain itu juga dapat mengurangi kerontokan, suhu kepala yang dingin memperlancar peredaran darah. Darah mengandung nutrisi yang diperlukan jaringan di kulit kepala untuk menjaga kekuatan rambut. Nutrisi-nutrisi tersebut juga membuat rambut halus dan berkilau.

5) Memakai topi renang atau swim cap saat berenang. Air kaporit membuat rambut lengket, kasar dan susah saat disisir. Apalagi jika mengenai zat pewarna rambut, bisa menambah rambut kusam. Dengan memakai Swim Cap, rambut akan terlindungi dari air kaporit, sehingga tidak perlu khawatir.#( Langen Ayu.Foto:@reka_proffesionalsalon)

Related posts