Gubernur Sultra Ground Breaking Pembangunan Patung Oputa Yi Koo

Jakarta,GPriority.co.id-Berdiri di atas permukaan laut Kota Mara, Baubau, patung Oputa Yi Koo dengan luas area tugu, yaitu 8.897 M2 atau 0,89 Hektar, setinggi 23 Meter, pada 22 September 2022 resmi dibangun.

Adalah Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH., yang melakukan groundreaking. Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi mengatakan,esensi pendirian patung ini bertumpu pada pertimbangan fundamental, bahwa keberadaan patung tersebut diharapkan dapat memantik spirit generasi bangsa untuk senantiasa menginternalisasi semangat perjuangan Oputa Yi Koo dalam diri masing-masing, agar berupaya menjadi pahlawan, khususnya bagi masyarakat dan daerah Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinis Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tenggara menambahkan, bahwa Patung Oputa Yi Koo yang berlokasi di Kota Mara – Kota Baubau ini, dibangun di atas permukaan laut dengan luas area tugu, yaitu 8.897 M2 atau 0,89 Hektar, dengan konsep arsitektur klasik. Patung Oputa Yi Koo akan dibangun setinggi 23 Meter, dan diperkirakan akan rampung dalam 2 (dua) tahun kedepan. Total anggaran yang dibutuhkan hingga selesainya pembangunannya, berkisar 60 Milyar, menggunakan dana APBD Provinsi Sulawesi Tenggara.

Didalam bangunan dasar dudukan Patung Oputa Yi Koo, terdapat ruang Kantor Pengelola Bangunan dan Museum Diorama Perjuangan Oputa Yi Koo. Selain itu, terdapat area terbuka yang dapat digunakan untuk kegiatan sosial kemasayarakatan. Sehingga akan menambah ruang publik baru bagi masyarakat sekitar, sekaligus untuk menarik kunjungan wisata bagi daerah, khususnya di Kota Baubau.

“Pada kesempatan ini, saya instruksikan kepada Dinas Cipta Karya Provinsi Sulawesi Tenggara, untuk benar-benar memaksimalkan penggunaan anggaran yang ada, dan memastikan semua pelaksanaan pekerjaan proyek ini sesuai dengan standar-standar yang telah ditentukan agar pembangunan Patung Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo, dapat mencapai hasil sebagaimana yang diharapkan,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, terkhusus DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Forkopimda, dan Pemerintah Kota Baubau atas dukungannya, sehingga pekerjaan fisik pembangunan Patung Oputa Yi Koo, dapat dimulai.

“Semoga pengerjaannya dapat berjalan lancar, serta dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan, yang Insyaa Allah bermanfaat bagi kemajuan pembangunan masyarakat, daerah Sulawesi Tenggara, serta bangsa dan negara kita,” tutup Gubernur Ali Mazi.(Hs.Foto.Jubir Gubernur Sultra)

Related posts