Hadirkan Senyum Fakfak yang Lebih Terang

Kamis (23/12/21) Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si. menghadiri acara Indonesia Terang yang diadakan di Section Grand Ballroom A/B Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, Untung Tamsil juga menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama dengan Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages. Isi perjanjian, berisikan dukungan dan keberlanjutan pemeliharaan bantuan.


Dalam sambutannya, Bupati Fakfak mengatakan, “Ini jadi salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak mendukung kebijakan menerangi Fakfak di 17 Distrik dan 142 kampung.”


Menurut Kepala Bappeda Fakfak, Widi Asmoro, melalui sambungan telepon pada Rabu (12/1/22), Fakfak Terang termasuk ke dalam enam misi di bawah pimpinan Untung Tamsil masa jabatan 2021-2026. Enam program tersebut terdiri dari; Fakfak Cerdas Sehat Religius, Fakfak Berwisata, Fakfak Konektivitas, Fakfak Terang, Fakfak BANJIR (Bangun Jaringan Air Bersih), dan Fakfak Berkelanjutan. Widi menerangkan, masing-masing misi miliki cara kerjanya tersendiri.


Misal pada program Fakfak Cerdas Sehat Religius; misi ini menggabungkan 3 elemen sekaligus (Pendidikan, Kesehatan, dan Kerohanian), yang akan berdampak baik bagi masyarakatnya dalam bersosialisasi dan menjamin keberlangsungan hidup warga Fakfak. Selanjutnya, Fakfak Berwisata, misi ini akan membawa Fakfak lebih dikenal luas sehingga menjadi daya tarik para Wisatawan. Dapat diketahui, Fakfak sendiri miliki potensi alam yang sangat luar biasa. Hal ini pula dapat mendatangkan keuntungan bagi perekonomian masyarakat. Pada Fakfak Konektivitas, Pemerintah miliki harapan ketersediaan jaringan internet yang memadai di daerah Fakfak. Ini guna memperkenalkan masyarakat Fakfak pada dunia teknologi, jangan sampai tertinggal dengan daerah lain.


Lalu, Fakfak terang, sebuah program yang sangat penting. Mendasari keberlangsungan hidup masyarakat Fakfak dalam dapatkan penerangan. Lanjut, ada pula Fakfak BANJIR (Bangun Jaringan Air Bersih), terdengar terbalik memang dengan makna banjir dan harapan pada misi ini. Namun Widi menjelaskan, bahwa program ini diadakan agar ketersediaan air bersih di daerah Fakfak tercukupi, ungkapnya. Terakhir, Fakfak Berkelanjutan, ialah program dalam kebijakan pemeliharaan terhadap program-program yang sudah berjalan.


Ia juga memaparkan terkait Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Warga Fakfak Sejahtera (Gempar Mas), gerakan ini jelas punya kaitan dengan program Fakfak Terang. Tujuan dari program-program di atas, ialah, agar terciptanya wilayah Fakfak yang terdepan, masyarakat sejahtera, daerah yang nyaman, unggul dan mandiri.


Fakfak pun memiliki visi “Fakfak Tersenyum” yang melatar belakangi tercetusnya Fakfak Terang. Langkah ini sebuah kebanggaan dalam pencapaian yang gemilang. Pasalnya, dari seluruh kabupaten yang ada di Indonesia, hanya lima daerah saja yang terpilih. Fakfak jadi salah satu daerah terpilih yang dapatkan bantuan 500-1000 unit penerangan. Bantuan yang didapat, berupa penerangan jalan umum tenaga surya (solar sel) . Fakfak Terang merupakan bagian dari Indonesia Terang, didedikasikan bagi wilayah-wilayah Indonesia yang butuhkan penerangan.


Kemudian, Untuk lancarkan program, Bupati Fakfak di dalam surat edaran, meminta masing-masing kepala dusun dan kepala desa siapkan lahan untuk tempat penyimpanan sumber listrik. Ini sebagai bentuk kesiapan wilayah sambut program penerangan. Kedepannya, diharapkan setiap kampung akan dapatkan fasilitas penerangan secara merata selama 24 jam. Pasalnya, untuk saat ini, hanya ada 2-5 lampu di beberapa daerah dengan waktu yang terbatas. Maka dari itu, Fakfak Terang hadir berikan angin segar di tengah masyarakat. (Ega)