Halau Banjir Jakarta,PUPR:Dua Bendungan Kering Selesai Akhir Februari 2021

Jakarta merupakan wilayah rawan banjir untuk itulah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun dua bendungan kering pertama di Indonesia.

“Kehadiran dua bendungan kering pertama di Indonesia, yakni Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor telah lama dinantikan untuk mendukung pengendalian banjir Jakarta. Kementerian PUPR menargetkan konstruksi kedua bendungan ini rampung pada Februari 2022, bergeser dari jadwal semula pada akhir 2021 akibat curah hujan tinggi dan kondisi geologi yang sulit,” tulis Kementerian PUPR yang dikutip  di akun Instagram @kemenpupr yang diunggah pada Minggu, 21 November 2021.

Masih dari laman tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  meminta agar pelaksana pembangunan bendungan tersebut a betul-betul diperhatikan sehingga aman dan rapi. Hingga saat ini tercatat progres pembangunan Bendungan Sukamahi sudah mencapai 92 persen dan Bendungan Ciawi 90 persen.

“Berbeda dengan bendungan multifungsi yang juga gencar dibangun di berbagai daerah, kedua bendungan ini tidak menampung air untuk keperluan irigasi atau air baku, melainkan untuk mengontrol debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung,” tutup Basuki.(Hs.Foto.PUPR)

 

Related posts