Halmahera Timur Penyangga Wisata Nasional “10 Bali Baru”

Maba, Gpriority – Wakil Bupati Halmahera Timur, Anjas Taher mendorong percepatan penataan dan pengembangan kawasan, termasuk pengembangan objek wisata. Objek wisata yang akan dikembangkan di Halmahera Timur ini nantinya bakal menjadi penyangga destinasi wisata nasional “10 Bali Baru” yang telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, yakni salah satunya adalah pulau Morotai, Maluku Utara. Dan, daerah Halmahera Timur sendiri letaknya sangat strategis sebagai penyangga wisata pulau Morotai.

Objek wisata di Halmahera Timur sangat potensial untuk dikembangkan menjadi daerah penyangga “10 Bali Baru,” kata Anjas Taher kepada Gpriority, Rabu (15/10/2021) di ruang kerjanya.

“Banyak objek wisata potensial di Halmahera Timur ini seperti pantai Tapolo, Taman Nasional Aketajawe Lolobata, pulau Plum, pulau To, dan banyak lagi,” kata Taher.

Namun demikian, kata Taher, RIPPDA atau Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah yang nantinya menjadi payung hukum pengembangan wisata di Halmahera Timur memang masih dalam Pembahasan.” Ya yang terpenting, program ke arah pengembangan dan pemetaan objek wisata kami persiapkan,” ungkap Taher.

Kata Taher, hasil pengembangan objek wisata itu diharapkan nantinya berdampak pada ekonomi masyarakat, seiring visi dan misi pembangunan Halmahera Timur yang maju dan sejahtera yang ditandai dengan terpenuhinya sandang pangan dan papan secara merata.

Sebelumnya, seperti dikatakan Bupati Halmahera Timur, H. Ubaid Yakub, Halmahera Timur ditunjuk sebagai daerah penyangga berdasarkan nota kesepahaman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. “Sosialisasi itu tugasnya Kominfo RI. Sedangkan daerah-daerah penyangga itu fokusnya pengembangan objek wisata,” kata Ubaid, Jumat, 21/5/2021 seperti dikutip brindonews.com.

Misi pembangunan Halmahera Timur di bawah kepemimpinan Bupati Ubaid Yakub dan Wakil Bupati Anjas Taher salah satunya adalah melanjutkan pembangunan ekonomi kerakyatan dan mendorong investasi, dengan tujuan untuk peningkatan produksi hasil sektor-sektor pertanian, perkebunan serta perikanan dan kelautan, yang dilakukan melalui konsep pengembangan ekonomi terpadu dan terintegrasi berbasis potensi lokal, serta mendorong peran sektor pariwisata, koperasi, UMKM, industri, perdagangan serta membuka peluang investasi melalui pengembangan pusat-pusat ekonomi baru yang produktif, berbasis partisipasi masyarakat.

Misi lainnya yakni peningkatan penyediaan infrastruktur wilayah yang dilakukan, diprioritaskan pada pembangunan dan perbaikan prasarana transportasi jalan di seluruh wilayah Halmahera Timur, untuk mendukung pengembangan sektor pertanian, perikanan, pariwisata, permukiman guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi daerah.# Lina/Gp

Related posts