Hari Ini Provinsi Gorontalo Berlakukan PSBB

Gorontalo,gpriority-Minggu (3/5) Provinsi Gorontalo menggelar rapat forum koordinasi pimpinan daerah tingkat Provinsi Gorontalo melalui video virtual di ruang Vicon Kantor Bupati.

Rapat sendiri dipimpin Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan diikuti Wakil Bupati Anas Jusuf, Kepala-kepala Daerah dan OPD daerah se-Provinsi Gorontalo.

Rusli menyampaikan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diajukan oleh Gorontalo akhirnya disetujui oleh Menteri Kesehatan Terawan. Dijelaskan oleh Rusli Penetapan PSBB di Gorontalo sebenarnya di mulai pada Senin (4/5) hingga Senin (18/5).

“ Namun untuk penerapan sanksinya akan dilakukan pada Kamis (7/5),” ujar Rusli.

Dijelaskan oleh Rusli selama PSBB Gorontalo hal utama yang akan diterapkan adalah penutupan pasar tradisional mingguan dan digantikan dengan belanja online melalui aplikasi yang sudah disediakan.

Tidak hanya itu penutupan akses darat, laut dan udara juga akan dilakukan sehingga tidak akan ada lagi akses keluar masuk orang kecuali  logistik makanan, bbm dan alat kesehatan.

Rusli juga mengatakan bahwa aktivitas warga juga akan dibatasi. “ Warga hanya boleh beraktivitas pada pukul 06.00 WITA hingga 17.00 WITA setelah itu tidak boleh keluar. Terkait dengan ibadah, saya hanya menyampaikan sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan MUI dan Menteri Agama,” jelas Rusli.

Terkait jaring pengaman sosial, Rusli meminta agar pemerintah kota dan kabupaten hingga ke tingkat desa harus bersikap transparan. “ Para penerima bansos harus diumumkan di kantor desa begitu juga dengan jenis bantuan yang diterima sehingga tidak menimbulkan kecurigaan,” tutup Rusli.(Hs)

Related posts