Himbauan Dinkes Pohuwato Masyarakat Jangan Resah Menghadapi Virus Corona

Jakarta,gpriority-Merebaknya kasus corona di Indonesia yang saat ini terdata sebanyak 19 orang yang terjangkit,  membuat masyarakat harus lebih waspada lagi terhadap Covid-19. Sama halnya dengan Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Segala upaya dilakukan untuk menghadang virus corona, seperti melakukan rapat koordinasi terkait Covid-19, yang melibatkan semua jajaran pemerintahan, termasuk TNI, dan polri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato dr.H.Supandi Abdullah,M.Kes memaparkan kepada Gprioty melalui sambungan telepon Selasa (10/03/2020), bahwa dari dinas kesehatan sudah memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat termasuk aparat kerja daerah seperti camat dan kepala desa, serta memberikan pengawasan ke-16 puskesmas yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Di puskesmas itu sekarang setiap ada kasus yang gejala pneumonia, batuk, flu, demam, itu diperiksa dan diawasi, diwawancarai apakah dia ada riwayat keluar negeri atau ada kontak langsung. Begitu juga di puskesmas sudah waspada memang terhadap kasus corona ini,” ujar Supandi.

Selain itu juga ia melakukan sosialisasi pencegahan virus corona kepada masyarakat melalui siswa sekolah dan juga LSM, penyuluhan tentang program gerakan masyarakat untuk hidup sehat. Kemudian ada kegiatan bagi-bagi masker di pinggir jalan serta memberikan informasi kepada masyarakat melalui penyuluhan tenang corona “Kita juga bagi-bagikan masker dan kita sampaikan bahwa ini bukan digunakan ketika sehat, tapi kita harus siap-siap,” tambanya.

Ia juga bersyukur karena sampai saat ini di kabupaten Pohuwato belum ditemukan infeksi virus corona. Walaupun kasus ini sudah mendunia dan di Indonesi sendiri sudah ada yang terinfeksi, Supandi menghimbau agar masyaraka jangan terlalu resah. Maka dari itu masyarakat harus menjaga dan memperbaki kondisi tubuh, dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin, serta harus sering mencuci tangan dengan air dan sabun. Untuk Kabupaten Pohuwato sendiri seperti yang dikatakan Supandi, masyarakatnya dalam mengadapi laporan virus corona ini tidak terlalu resah, dengan mengatur pola hidup yang baik itu sudah membatu.

Harapan Kadinkes Pohuwato mengenai wabah corona yaitu semoga pemerintah dalam hal ini yaitu kementerian kesehatan mencari solusi, bagaimana mencegah peyakit corona agar tidak menyebar keberbagai daerah di Indonesia.

“Karena ini sudah menyebar di beberapa negara dan sudah ada kasus di Indonesia. Dan mudah-mudahan kasus ini cepat diatasi sehingga tidak menyebar sampai daerah-daerah termasuk daerah kami,” ujarnya. (Dwi)

Related posts