Upaya Kabupaten Melawi Menangkal Virus Corona

Jakarta,gpriority-Sampai saat ini Indonesia sudah mengumumkan bahwa ada 19 orang yang positif terinfeksi virus corona. Hal ini tentunya membuat pemerintah pusat termasuk pemerintah daerah lebih waspada, dan terus melakukan upaya untuk menangkal Covid-19 masuk ke daerahnya. Seperti di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, juga melakukan pencegahan virus corona, seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara memasang spanduk yang berisikan tentang bahaya dan cara mencegahnya di semua kecamatan.

Menurut Kepala Dinas Kabupaten Melawi, Dr. Ahmad Jawahir, daerahnya juga melakukan rapat koordinasi tentang penanggulangan dan pengendalian virus corona ditingkat kecamatan dan provinsi. “Tujuan rakor ini adalah membentuk tim cepat tanggap, monitoring kasus dan kesiapan tim, sosialisasi info-info terkini,” ujar Ahmad kepada Gpriority Senin (9/03/2020). Secara kesiapan timnya, saat ini sudah mulai melakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk mengantisipasi adanya virus tersebut.

Diakui Ahmad di kabuaten Melawi sendiri belum ditemukan adanya kasus corona, ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan menjaga pola hidup yang sehat agar virus ini tidak menyerang. Cara yang paling efektif yaitu dengan cara mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik, dan menggunkan masker jika memasuki area yang ramai.

“Kalau di Kalbar ini kan yang prioritas utama di kota Pontianak, daerah-daerah perbatasan dengan Malaysia dimana disana sudah terindikasi juga terkena virus corona, kemudian Sanggau, Sintang, Sambas, mungkin kita perlu menggunanakan masker itu,” tambahnya.

Kemudian untuk langkah selanjutnya menjaga kualitas makanan seperti membiasakan konsumsi vitamin, bisa dengan obat-obatan atau yang paling bagus mengonsumsi vitamin yang alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Ahmad juga menambahkan untuk memperkuat daya tahan tubuh ada baiknya mengonsumsi madu secukupnya, yaitu tiga kali sehari satu sampai dua sendok makan. Kemudian jika ingin memasak gunakanlah bumbu rempah-rempah yang alami, seperti jahe, serai, kunyit, dan temulawak. Karena didalam rempah-rempah tersebut mengandung unsur curcumin, yang bisa digunakan sebagai antioksidan dan antimikroba yang membunuh kuman-kuman. Dengan cara mengonsumisi makanan sehat setiap hari, baik dimakan secara langsung atau melalui bumbu masakan itu akan sangat membantu dalam hal mencegah virus corona masuk kedalam tubuh. (Dwi)

Related posts