HUT Jakarta ke-493 di Tengah Pandemi Corona, Bertema: Jakarta Kota Tangguh


“Jakarta Kota Tangguh” merupakan tema yang diangkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-493 yang jatuh pada hari Senin (22/6/2020).

Tema “Jakarta Kota Tangguh” diangkat untuk menggambarkan semangat warga Jakarta yang terus bertahan dan tumbuh melewati masa demi masa, termasuk masa Pandemi Covid-19.

“ Kota ini telah melewati berbagai tantangan bencana dan cobaan silih berganti. Tapi tetap mampu menghadapinya,” ujar Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dalam siaran persnya yang digelar secara virtual dari Balai Kota, Senin (22/6/2020).

Perayaan HUT Kota Jakarta kali ini berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya. Masih adanya Covid-19 membuat Pemprov mengadakannya secara sederhana.

“Meski berbeda dengan tahun sebelumnya, HUT Kota Jakarta ke-493 tetap berlangsung meriah. Karena banyak sekali rangkaian acara menarik yang digelar baik di luar ruang maupun virtual,” ungkap Anies.

Untuk kegiatan di luar ruang hanya upacara HUT Kota Jakarta yang digelar di Balai Kota. Upacara pun digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Adapun peserta yang hadir tidak seperti tahun sebelumnya yang mencapai ribuan orang. “Untuk tahun ini hanya ada 150 peserta yang berasal dari SKPD, DPRD DKI dan tamu undangan lainnya,” kata Anies.

Untuk yang online atau virtual, ada opening dari balai kota, kerak telor, live paripurna DPRD, Jakarta Virtual Tour Taman Ragunan, edukasi dongeng dan komik, tiktok topeng betawi, Pensi 13 Band Jakarta, Jakarta Virtual Tour Air Mancur Menari Monas, Jakarta Virtual Tour Museum MH Thamrin, Jakarta Virtual Tour Ancol-Seaworld, serta video drone ketinggian dari langit-langit Jakarta.

Selain itu ada satu acara menarik lainnya yakni dialog antara Gubernur Anies dan Wakil Gubernur, Riza Patria dengan 40 warga masyarakat yang terpilih melalui aplikasi zoom meeting. 40 warga yang terpilih merupakan pemenang video ucapan HUT Kota Jakarta terbaik dan terkreatif yang tayang di media sosial DKI Jakarta.

Rangkaian acara virtual ini digelar untuk menggantikan pesta rakyat, konser musik dan karnaval yang biasa digelar dalam rangka HUT Kota Jakarta.

Anies berharap acara virtual semacam ini dapat memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi secara optimal untuk kegiatan yang berhubungan dengan interaksi sosial, ekonomi, dan budaya kepada seluruh masyarakat Indonesia maupun dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga memperkenalkan logo resmi HUT Kota Jakarta yang ke-493. Anies menjelaskan ada lima simbol dalam logo tersebut. Simbol pertama adalah Monas yang merupakan ikon dari Kota Jakarta, kedua, MRT yang melambangkan kemajuan di bidang pelayanan masyarakat. Ketiga, mentari bersinar cerah yang menjadi simbol dari harapan dan masa depan yang cerah. Keempat, masker yang menggambarkan suasana pandemi Corona dan perlindungan, terakhir, tiga tangan mengepal yang menggambarkan ketangguhan,kolaborasi dan semangat yang tidak pernah padam.

Terkait dengan tulisan “Jakarta Tangguh” di logo tersebut, kata Anies, tagline tersebut untuk memberikan gambaran perjuangan kota Jakarta dalam melawan virus Corona.

Reproduksi Efektif Penularan Covid-19 DKI Jakarta Semakin Menurun

Selanjutnya Anies memberikan kabar gembira terkait dengan Covid-19 di DKI Jakarta. Berdasarkan laporan dari tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, angka reproduksi efektif penularan Covid terus mengalami penurunan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Dari yang awalnya 0,99, menjadi 0,98.

“ Alhamdulillah, penurunan ini menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta bisa semakin dikendalikan,” jelas Anies.

Tak lupa Anies mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang sudah mau bekerjasama dengan pemda untuk mentaati protokol kesehatan yang sudah diterapkan di masa PSBB transisi.

Terkait apakah dirinya akan mencopot status masa PSBB transisi, Anies akan melihat dulu hingga akhir Juni. “ Kita akan mengevaluasi di akhir Juni, kalau terus menurun, bisa dipastikan PSBB masa transisi dihentikan,” ucapnya.

Harapan Masyarakat di HUT Kota Jakarta ke-493

Di HUT ke-493 Kota Jakarta, banyak masyarakat yang menyampaikan harapannya, salah satunya momentum kebangkitan ekonomi dari keterpurukan akibat Covid-19 seperti dijelaskan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang.

Sarman mengatakan, saat Covid-19 banyak sekali perusahaan yang merumahkan dan mem-PHK karyawannya. “Untuk itulah di hari bahagia ini saya meminta agar Pemprov DKI dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif dan bergairah dengan regulasi serta kebijakan yang mampu mendorong produktivitas usaha,” pinta Sarman.

“ Jika usaha kembali produktif, otomatis karyawan yang dirumahkan bisa kembali bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru, sehingga bisa membantu masyarakat yang terkena PHK,” jelas Sarman.

Sementara itu Ketua Fraksi Nasdem DKI Jakarta, Wibi Andrino meminta agar Gubernur Anies Baswedan tidak lagi membuat kegaduhan dalam mengambil kebijakan. Dia meminta agar Anies melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan semua pihak yang berkompeten, sehingga kebijakan yang diambil bisa sejalan dan diterima masyarakat.#(Haris)

Related posts