Ingin Benahi Fakfak, Samaun Dahlan: Dimulai dari Tata Kelola Pemerintahan

Jakarta, GPriority.co.id – Calon Bupati Fakfak, Samaun Dahlan, akan maju pada Pilkada 2024 nanti, bersama Bacawabupnya, Donatus Nimbetkendik. Keduanya maju dengan membawa singkatan nama ‘SANTUN’, dan siap berjuang pada Pilkada Fakfak 27 November 2024 nanti.

Diakui Cabup Samaun, dirinya ingin membenahi Fakfak mulai dari akar, yaitu terkait sistem tata kelola pemerintahannya.

“Selama ini, mengacu pada tingkat kampung dan distrik, yang saya lihat selama ini pengelolaan dana kampung sudah triliunan. Tetapi perubahannya belum kelihatan. Ini yang kita harus lihat, penyebabnya apa. Ini berkaitan dengan tata kelola pemerintah,” ungkapnya pada Jumat (5/7) di Jakarta.

Cabup Samaun menilai, tanggung jawab dari kepala-kepala distrik Fakfak saat ini masih kurang. Terutama terkait dana kampung dan hal-hal lain. Adapun Cabup Samaun juga mengatakan jika semua persoalan di tingkat distrik selalu dibawa ke tingkat atas pemerintahan Fakfak.

“Hal kecil pun yang ada di tingkat distrik, selalu dibawa ke Bupati. Contoh hal kecilnya, tidak ada guru yang mengajar di sekolah distrik. Lalu kurangnya petugas kesehatan yang ada disana. Tetapi justru masyarakat lapornya ke Bupati. Lalu kemana (peran) Kepala Desa?,” tutur Samaun.

Yang kedua, Cabup Samaun juga menyoroti persoalan bantuan sosial (bansos). Dirinya ingin mengubah kewenangan terkait pembagian bansos di Fakfak, agar lebih menyeluruh.

“Saya lihat kalau ini diatur baik, seperti dana kampung. Mungkin masyarakat yang contohnya saja di pertanian. Misalnya mereka membutuhkan pupuk. Jangan kita kasih duitnya. Seperti di Tidore, misalnya. Lahan pengelolaan kampungnya cukup bagus. Jadi kita melihat kebutuhan mereka apa, kita supply (berikan barangnya),” tegas Samaun.

Cabup Samaun menegaskan, jika tata kelola tersebut diperbaiki, maka masyarakat Fakfak akan sejahtera. Bukan hanya di bidang pertanian, tetapi juga perikanan dan sektor-sektor lainnya.

“Sehingga (diharapkan) tidak ada lagi masyarakat yang pergi untuk minta bantuan ke pemerintah daerah, karena ada dana kampung. Ini menjadi prioritas saya yang utama,” tegasnya.

Foto : Nindya Farhah Azzahrah / GPriority