Investasi Pupuk Kaltim, Ketua DPRD Fakfak: Masyarakat Sangat Mendukung

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Sifra

Jakarta, Gprority.co.id – PT Pupuk Kaltim bakal membangun pabrik pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Kabarnya, pembangunan pabrik ini memiliki nilai investasi kurang lebih 30 triliun.

Hal itu diungkap oleh Ketua DPRD Kabupaten Fakfak Siti Rahma Hegemur, pada saat ditemui oleh Gpriority di Hotel Ashley, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/8).

“Kurang lebih (30 triliun), banyak juga lebih bagus. Yang jelas ini bukan dari APBD kita ya, dan itu anggarannya dari Pusat,” ungkap Ketua DPRD Fakfak tersebut.

Dalam pembangunan pupuk kaltim ini, Siti Rahma mengatakan masyarakat sangat menerima dan berterima kasih. Tentunya, nilai investasi pembangunan pabrik pupuk akan menjadi yang terbesar di Tanah Papua.

Kehadiran pabrik pupuk tersebut, tentunya tidak hanya soal memenuhi permintaan pupuk di Indonesia bagian timur saja. Akan tetapi, pupuk ini juga berpotensi untuk diekspor ke luar negeri.

“Kurang lebih seperti pupuk Kaltim yang ada di Bontang, karena masih di bawah pupuk Kaltim Bontang,” lanjutnya.

“Tentu pastinya akan sehubungan dengan hijau berkelanjutan. Contoh kami di Fakfak, APBD kami kan masih kecil nih, sehingga masyarakat dan pemerintah daerah sangat mendukung dan berterima kasih karena dengan Perusahaan pupuk Fakfak akan membangun daerah kami,” ungkapnya. Strategi dalam kelanjutan dari program-program yang sudah dilanjutkan terutama pada pupuk Fakfak, Siti Rahma mengungkapkan fungsi kontrol akan tetap dilaksanakan, salah satunya mengenai hak-hak masyarakat.