Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Tubuh

Jakarta, GPriority.co.id – Beras tidak hanya menjadi bahan pokok pangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan ketika diambil air rebusannya. Di Indonesia, air rebusan beras dikenal sebagai air tajin dan sering diberikan kepada bayi atau anak-anak, dengan manfaat kesehatan yang cukup signifikan.

Manfaatnya meliputi peningkatan kesehatan pencernaan, peningkatan energi dan mood, serta kontribusi dalam menjaga kecukupan hidrasi tubuh. Manfaat air beras untuk perawatan wajah memiliki nilai yang penting, sehingga tidak mengherankan jika sering digunakan sebagai komponen utama dalam produk kosmetik.

Selain melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, air beras juga memberikan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, bukan hanya terbatas pada wajah.

Jika selama ini Anda sering mengabaikan air bekas mencuci beras, mungkin sebaiknya dipertimbangkan kembali, karena ternyata air yang dianggap kotor ini memiliki manfaat positif untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Berikut beragam manfaat air beras yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Mencegah Masalah Pencernaan

Kandungan serat dalam pati air beras dapat efektif melawan sembelit dengan meningkatkan kelancaran buang air besar. Selain itu, pati ini juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam perut, mendukung pergerakan usus yang sehat.

2. Membantu Mengatasi Masalah Diare

Sejak zaman dahulu, air beras telah menjadi pengobatan tradisional untuk gangguan pencernaan, termasuk diare pada berbagai kelompok usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Air tersebut memiliki peran dalam mengontrol diare dengan mengurangi jumlah dan frekuensi keluarnya tinja.

3. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat kesehatan dari air beras adalah pencegahan penuaan dini. Penggunaan air beras untuk mencuci wajah diyakini dapat mencegah timbulnya gejala penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras diketahui memiliki kemampuan untuk menghambat proses penuaan dini.

4. Mengurangi Masalah Jerawat

Pati yang ada dalam air beras dipercayai memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat, dan juga dikenal sebagai pengobatan alami untuk mengurangi eksim atopik. Meskipun demikian, keefektifannya masih belum terlalu jelas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat tersebut.

5. Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme Tubuh

Air beras memiliki manfaat signifikan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, menjadikannya lebih tahan terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Tidak hanya itu, asupan yang mencukupi dari vitamin dan mineral juga dapat mendukung peningkatan metabolisme.

6. Obat Demam Rumahan

Penggunaan air beras umumnya dilakukan sebagai cara alami untuk meredakan demam, dengan tujuan mencegah dehidrasi yang sering terjadi akibat demam dan muntah selama infeksi. Selain itu, penggunaan air beras dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang dan mempercepat proses pemulihan.

Itulah beberapa keuntungan kesehatan dari air beras yang patut diketahui. Memahami bahwa air beras memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan secara menyeluruh.

Foto: Istimewa