Jembatan Alalak Baru Banjarmasin Rampung 97 persen

Pembangunan Jembatan Alalak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah mencapai 97 persen.

Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, mengatakan jembatan yang dikerjakan pada tahun 2019 tersebut akan selesai dalam dua minggu kedepan.

Diperkirakan jembatan akan dapat digunakan pada minggu kedua September, atau bahkan lebih cepat di minggu pertama September.

Ia menjelaskan bahwa akhir Agustus 2021 nanti akan diadakan loading test untuk menguji kelayakan pakai jembatan.

“Hasil loading test akan diajukan ke Kementrian PU, untuk selanjutnya dikeluarkan dokumen bahwa Jembatan Alalak Baru ini layak fungsi,” katanya, Senin (23/08/2021).

Diketahui, Jembatan Alalak Baru adalah jembatan cable stayed lengkung pertama di Indonesia. 

Pj Gubernur menuturkan bahwa jembatan dibangun dengan konsep cable stayed dan memiliki 4 jalur. Dua untuk arah dalam kota dan dua menuju luar kota. Jembatan ini juga didesain agar dapat dilintasi kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton.

“Pengerjaan selanjutnya adalah finishing bertahap yang akan dilakukan untuk memperindah jembatan. Karena, jembatan yang menghubungkan antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala ini akan menjadi ikon baru Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Pj Gubernur.

Diantaranya adalah penataan pinggiran sungai, yang mungkin akan dibebaskan dan didesign untuk pembangunan siring yang bagus. Selain itu juga diperkaya dengan tempat makan serta menara pandang, untuk menikmati pemandangan jembatan. (Dwi.foto.dok. Setda Prov Kalsel)

Related posts