Jokowi: 230 Warga Jatim Mendapat Vaksin AstraZeneca

Jombang,Gpriority-Dalam siaran persnya pada Senin Sore (22/3/2021), Presiden Joko Widodo mengatakan sebanyak 230 orang di Jawa Timur menerima vaksinasi AstraZeneca saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal yang digelar di Pendopo Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, pada Senin, 22 Maret 2021.

Menurut Jokowi, pemberian vaksin AstraZeneca dilakukan setelah dirinya melakukan diskusi dengan MUI dan juga para ulama di Jawa Timur.” MUI dan ulama mengatakan pemberian vaksin AstraZeneca saat vaksinasi Covid-19 hukumnya halal,” ucap Jokowi.

Sekedar informasi, melalui Fatma Nomor 14 tahun 2021, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sempat memfatwakan bahwa AstraZeneca haram digunakan karena dalam proses pembuatannya memanfaatkan enzim yang berasal dari Babi. Namun tidak lama kemudian fatwa tersebut dicabut, dikarenakan dalam rapat darurat yang dilakukan, para ulama mempersilahkan AstraZeneca dipergunakan untuk vaksin.

“ Dalam keadaan terdesak seperti sekarang ini yakni Covid-19, AstraZeneca boleh dipergunakan untuk vaksinasi, mengingat tingkat keampuhan AstraZeneca dalam menghalau Covid-19 sama bagusnya dengan Sinovac,” ucap Ketua Bidang Fatma MUI Asrorun Niam.

Asrorun berharap dengan diizinkan AstraZeneca sebagai vaksin masal pendamping Sinovac bisa membuat Indonesia bebas Covid-19 semakin terwujud.(Hs.Foto.BPMI Setpres).

Related posts