Taman Budaya Kalsel Gelar Pertunjukan Seni The Mask

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalsel menggelar “Pertunjukan Seni The Mask”, untuk melestarikan budaya kesenian topeng yang dimiliki Kalsel.

“Karena pada masa sekarang, untuk kesenian topeng di Kalsel kurang banyak diketahui masyarakat umum, jadi Taman Budaya ingin menampilkan pertunjukan seni topeng yang dimiliki banua,” kata Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti, di Banjarmasin, Kamis (02/09/2021).

Sebelumnya, pihak UPTD telah melakukan survei kesenian topeng dan didapat 5 kabupaten/kota yang memiliki kesenian topeng dan sejarah, juga kekhasan sesuai dari Kabupaten/Kota itu sendiri.

Diantaranya yaitu Kabupaten Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Balangan  dan Kota Banjarmasin.

Pementasan Taman Budaya dilaksanakan secara online dan ditampilkan di youtube Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2021.

Pada 30 Agustus ada dua sanggar yang ditampilkan antara lain Sanggar Seni Perkepindo Banjarmasin dengan Tari Topeng Tumenggung, dan Sanggar Seni Ading Bastari Barikin dengan Tari Topeng Srikandi).

Pada 31 Agustus ada 3 Sanggar yaitu Sanggar Kesenian Fatmaraga Balangan dengan Topeng Pantul, Sanggar Seni Rimba Muning Rantau dengan Wayang Topeng, dan Sanggar Permata Ije Jela Barito Kuala dengan Tari Kilau Pantul.

Dengan diadakannya pagelaran ini, suharyanti berharap agar seni tari topeng yang dimiliki kalsel dapat dikenal di seluruh Indonesia dan khususnya lagi di Kalsel. (Dwi.foto.dok. Humas Kalsel)

Related posts