Kabar Baik, Ekraf Indonesia Masuk 3 Besar Dunia

Jakarta,Gpriority-Dalam unggahan akun instagram resminya pada 30 Oktober 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan mengenai fakta yang membuat ekonomi kreatif Indonesia masuk 3 besar dunia.

“Alhamdulillah, ekraf kita masuk 3 besar dunia setelah Amerika Serikat,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno dalam laman instagram kemenparekraf pada 30 Oktober 2021.

Menurut Mas Menteri begitu Sandiaga Uno biasa disapa, Tahun ini ekraf menyumbangkan Rp.1.100 triliun dalam PDB Indonesia atau 7,5% dari pendapatan nasional.Tingginya angka pendapatan tersebut yang menjadi alasan badan ekonomi dunia memasukkan ekraf Indonesia ke urutan 3 di bawah Amerika Serikat.

“ Fesyen,Kuliner dan Kriya merupakan 3 produk ekraf yang menjadi penyumbang paling banyak bagi pendapatan nasional,” jelas Mas Menteri.

Mas Menteri berharap di tahun 2022 nilai ekspor ekraf bisa mencapai target yang ditetapkan yakni Rp.16,38 triliun. Agar target tersebut bisa tercapai, pada 15 Oktober 2021, Kemenparekraf telah menggelar pertemuan dengan 19 duta besar Uni Eropa. Dalam pertemuan tersebut, Kemenparekraf melakukan kerja sama untuk mempromosikan industri kreatif di negara tersebut.

Tak hanya itu, Mas Menteri juga menghimbau agar masyarakat Indonesia turut berkontribusi. Caranya dengan membeli produk ekraf dan bangga menggunakan produk sendiri.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)

Related posts