Kabupaten Bandung Sukseskan Gelaran City Sanitation Summit 2023, Tahun Depan

Penulis : Dimas | Editor : Lina F | Foto : Dimas

Bandung,GPriority.co.id-City Sanitation Summit (CSS) XXI 2023 sukses digelar dengan menghadirkan 85 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Gelaran yang dimotori oleh Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) ini berlangsung di Gedong Sabilulungan, Kabupaten Bandung mulai 14-16 Juni 2023.

Ketua Umum AKKOPSI Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, City Sanitation Summit XXI 2023 guna mewujudkan kota/kabupaten di Indonesia yang lebih sehat.

“Sanitasi layak adalah kebutuhan dasar bagi manusia,” ucap Ahmed, dalam pembukaan City Sanitation Summit XXI 2023, Kamis (15/6).

Menurutnya, sanitasi yang layak dan baik sangat berpengaruh terhadap angka stunting dan gizi buruk di Indonesia.

“Pekerjaan Rumah kita saat ini menekan angka stunting nasional menjadi 14 persen pada tahun ini,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Ahmed berujar pemerintah daerah kota/ kabupaten harus mempunyai konsen dan strategi khusus dalam menekan angka stunting dan pembangunan sanitasi layak.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut merupakan agenda Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) untuk bertukar pengalaman, membangun kemitraan, advokasi, dan promosi.

Adapun agenda CSS XXI 2023 meliputi seminar, sharing session, rapat kerja nasional, kunjungan lapangan, dan expo yang diikuti 488 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.