Kado Idul Fitri, PUPR Bangun Rusun Universitas Madako Toli-Toli

Penulis : Haris | Editor : Lina F. | Foto : Balai P2P Sulawesi II |

Toli-toli, GPriority.co.id-Idul Fitri 1444 H membawa berkah bagi mahasiswa/mahasiswi Universitas Madako yang terletak di Kabupaten Toli-Toli.

Pembangunan rumah susun (Rusun) yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR sudah selesai dan bisa dinikmati oleh mahasiswa.

Bangunan yang berkualitas serta dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, membuat banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota menyambut positif program tersebut sehingga mereka lebih memilih tinggal di Rusun ketimbang di kos-kosan.

Salah satu mahasiswi yang saat ini tinggal di Rusun, Ferialsqia mengaku dia sangat senang bisa tinggal di hunian vertikal tersebut. Selain fasilitasnya lengkap, dirinya pun tidak perlu mengeluarkan uang transport karena lokasinya dekat dengan tempatnya kuliah.

“Saya berasal dari Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan, Kabupaten Toli-Toli dan sangat senang bisa tinggal di Rusun ini supaya bisa menghemat biaya transport. karena jarak Rusun dan kampus sangat dekat. Kami juga tidak perlu mengeluarkan biaya kos yang nilainya jauh lebih mahal dibanding biaya sewa di Rusun,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Senin (17/4/2023).

Menurut mahasiswi angkatan tahun 2021 di Fakultas FKIP Program Studi Teknologi Pendidikan tersebut, orangtuanya di kampung juga merasa lebih merasa aman dan tenang ketika dirinya tinggal di Rusun. Hal itu dikarenakan pihak pengelola menerapkan tata tertib yang wajib ditaati semua penghuni Rusun serta ada petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam.

Fasilitas di unit Rusunnya juga sudah lengkap sekali. Ada tempat tidur dan kasur serta bantal, lemari pakaian dan meja kursi belajar. Kamar mandinya juga bersih dan bangunannya bagus,” katanya.

Pihak pengelola sekaligus penanggung jawab Rusun, Dr. Hasia Marto, M. Pd yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Madako mengatakan, pihaknya telah melakukan seleksi terhadap calon penghuni Rusun. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Rusun untuk mahasiswa.

“Bagi kami yang ada di daerah Rusun ini menjadi salah satu tempat yang paling indah yang pernah dibangun dan kami khususkan untuk menjadi Rusun Putri. Antusias mahasiswa untuk masuk ke unversitas ini juga semakin meningkat. Calon penghuni yang layak untuk tinggal disini diprioritaskan bagi mereka yang berdomisili jauh dari Kabupaten Toli-Toli seperti mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Buol dan ada juga yang berasal dari wilayah Kabupaten Donggala yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Toli-Toli,” terangnya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menerangkan, pembangunan Rusun ini dilaksanakan untuk mendukung aktifitas belajar dan menambah semangat para mahasiswa yang tinggal di Rusun. Kementerian PUPR juga melengkapi Rusun dengan ranjang susun, lemari serta meja dan kursi belajar di tiap hunian dan di luar Rusun telah dilengkapi juga dengan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU) berupa paving block dan lampu taman.

“Pembangunan Rusun ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dan merupakan salah satu komitmen untuk mendukung dan memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk meraih prestasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala BP2P Sulawesi II, Bakhtiar didampingi Kepala Satker Penyediaan Perumahan Sulawesi Tengah, Erpika Ansela Surira mengatakan bahwa hingga saat ini kami terus berupaya maksimal dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur hunian di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebagai informasi, Yayasan Pendidikan Universitas Madako Toli-Toli merupakan satu satunya perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Toli-Toli, Provinsi Sulawesi Tengah yang mendapatkan bantuan satu tower Rusun untuk mahasiswa dari Kementerian PUPR.

Pembangunan Rusun dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR pada tahun 2022 lalu di di Jalan Madako Nomor 1, Kecamatan Baolan, Kabupaten Toli-Toli. Rusun tersebut memiliki ketinggian dua lantai dengan unit hunian tipe 24 sebanyak 14 unit termasuk satu ruang pengelola dan satu ruang serbaguna dengan daya tampung sebanyak 48 orang.

“Kami harap pihak Yayasan dan mahasiswa yang menempati Rusun untuk bersama sama menjaga dan memelihara bangunan serta seluruh fasilitas pendukung lainnya agar dapat dimanfaatkan oleh generasi berikutnya dan bangunannya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.