Kancil Pembawa Semangat

Jakarta,Gpriority-Masuknya Riko Simanjuntak pada menit 56 menggantikan Febri Hariyadi membuat serangan timnas Indonesia menjadi lebih hidup sehingga mampu membawa Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste.

Di laga kedua piala AFF 2018 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, pelatih Bima Sakti menyimpan si kancil (julukan Riko Simanjuntak) di bangku cadangan. Bima lebih memilih Andik Firmansyah untuk mengisi pos sayap kiri.

Ketiadaan Riko dalam pertandingan tersebut, membuat daya dobrak Indonesia melemah. Ini bisa dilihat dari mudahnya barisan pertahanan Timor Leste menghadang serangan-serangan yang dilancarkan Beto Goncalves dan kawan-kawan. Keberhasilan barisan pertahanan Timor Leste yang dikomandani Adelino memaksa Indonesia berbagi angka 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Timor Leste unggul terlebih dahulu melalui sepakan voli Rufino Gama. Gol yang terjadi di menit ke-48, memaksa Bima untuk merubah strategi dengan menurunkan Riko Simanjuntak pada menit ke-56 menggantikan Febri Hariyadi.

Hadirnya Riko Simanjuntak membuat serangan Indonesia lebih hidup dan mampu memporakporandakan pertahanan Timor Leste. Alhasil pada menit ke-60, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat sontekan Alfath Fathier. Tujuh menit berselang, Indonesia berbalik unggul melalui sontekan Stefano Lilipaly dari titik putih. Penalti diberikan kepada Indonesia dikarenakan bek Timor  Leste mengganjal dengan keras Andik Vermansyah.

Ketinggalan satu gol membuat Timor Leste bangkit dan mengambil alih serangan. Sayangnya, serangan mereka selalu gagal di barisan pertahanan Indonesia. Keasyikan menyerang membuat Timor Leste meninggalkan lubang di jantung pertahanan. Inilah yang langsung dimanfaatkan Riko Simanjuntak dengan memberikan umpan matang kepada Beto Goncalves. Tak ingin menyia-nyiakan peluang, Beto langsung menanduk bola tersebut dan membuat skor berubah menjadi 3-1. Kedudukan ini bertahan hingga peluit akhir.

Riko yang menjadi bintang pada malam itu mengaku senang dengan kemenangan Indonesia. Ia pun tidak mau disebut berjasa besar atas kemenangan Indonesia.Sebab menurutnya kemenangan ini merupakan kerja keras tim.(Hs)

 

 

Related posts

Leave a Comment