H.Taufan Pawe Kembali Pimpin Parepare Wujudkan Kota Industri Tanpa Cerobong Asap

H.Taufan Pawe dan Pangareng Rahim resmi dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan  H.M.Nurdin Abdullah menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare Sulawesi Selatan Periode 2018 -2023 di Gedung Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu 31/10/2018.

Bagi Dr.HM. Taufan Pawe, S.H.MH pelantikan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya ia merupakan Wali Kota Parepare 2013- 2018. Adapun bagi  H.Pangerang Rahim sebelumnya ia anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Tahun 1992 sampai Tahun 2018.

Atas keberhasilannya dalam membangun Kota Parepare,bahkan BJ. Habibie Presiden RI ke 3 menyebut H.Taufan Pawe ini sebagai “sang Revolusioner Taufan Dahsyat.” Taufan Pawe lah yang membangun monumen cinta “AINUN – HABIBIE” tepat di alun-alun kota Parepare untuk mengenang jasa Presiden ke 3 RI BJ.Habibie yang juga lahir di Parepare.

Pada periode kedua ini H.Taufan Pawe mengusung konsep pembangunan Kota Parepare sebagai daerah industri tanpa cerobong asap. Sesaat setelah pelantikan kepada wartawan Taufan Pawe mengatakan visi membangun Kota Parepare tersebut dengan tetap berpijak pada sektor jasa dengan penekanan  pada tiga sektor yakni pelayanan kesehatan, pendidikan dan pariwisata, serta akan bersinergi dengan kabupaten-kabupaten lain yang berdekatan di Sulawesi Selatan.

Visi:

TERWUJUDNYA KOTA PAREPARE SEBAGAI KOTA INDUSTRI TANPA CEROBONG ASAP YANG BERWAWASAN HAK DASAR DAN PELAYANAN DASAR MENUJU KOTA MAJU, MANDIRI DAN BERKARAKTER”

Visi H. Taufan Pawe- Pangerang 2018 -2023 itu kemudian diimplementasikan dalam misi berikut ini.

1) Mengembangkan infrastruktur daerah dalam mendukung industri jasa di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan kepariwisataan;

2) Mengoptimalkan pemenuhan hak dasar dan peningkatan pelayanan dasar bagi amsyarakat menuju pelayanan prima dan profesional serta berkeadilan:

3) Meningkatkan kemandirian dan daya saing daerah melalui pengembangan perekonomian serta kemampuan daerah dalam menghadirkan sumber-sumber ekonomi baru berdasarkan potensi yang dimiliki;

4) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terbarukan dan berkarakter;

5) Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dengan pendekatan informasi dan teknologi Kota Cerdas (Smart City) guna menghadirkan reformasi birokrasi yang transparan dan akuntabel;

6) Mengembangkan iklim keumatan sebagai bentuk perkuatan kearifan lokal sebagai bentuk nyata proses penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan diharapkan masyarakat dalam arti luas turut hadir di dalanya.

Dalam kepemimpinan Wali Kota Parepare H.taufan Pawe, Kota Parepare berhasil meraih kembali penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2018. Penghargaan ini diberikan dari Indonesian Institute Public Governance (IIPG.

Selain itu juga pada Tahun 2018 Pemerintah Kota Parepare kembali mendapat pengakuan dari pemerintah pusat masuk dalam 40 Top Inovasi Pelayanan Publik 2018 berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB). Ini berkat inovasi H.Taufan Pawe yakni eksistensi pelayanan kesehatan gratis terintegrasi (Call Centre 112).

Selain itu juga H.Taufan Pawe menerima penghargaan dari Tim Anugerah Pendidikan Indonesia kategori Wali Kota atas upaya peningkatan kompetensi guru terbaik 2018. Penghargaan ini diinisiasi oleh Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Kementerian Kesehatan RI juga pada tahun 2018 ini memberikan penghargaan Anugerah Eka Pratama atau penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan dimana Kota Parepare ini daerah satu-satunya yang mendapat penghargaan tersebut di Sulawesi.

Masih di Tahun 2018, H.Taufan Pawe bahkan dianugerahi penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Republik Indonesia.

 

Profil  H. taufan Pawe

H.Taufan Pawe pada periode pertama 2013-2018 menggandeng Faisal Andi Sapada sebagai wakil Wali Kota Parepare. Taufan Pawe lahir di parepare 14 Oktober 1965 yang sudah dua kali kepengurusan menjabat ketua DPD II Golkar Parepare.

Istri      :  Erna Taufan

Anak   :  Eta Lestari Taufan

                Amartiwi Taufan

               Ilhamsyah Taufan

 

Pendidikan.

SD Negeri 20 Parepare

SMP Frater Parepare

SMA Negeri 1 Parepare

S1 Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muslim Indonesia

S2 Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Hasanuddin

Karier

Dosen Universitas Muslim Indonesia

Konsultan Hukum PT Astra Argo LestariTbk

Konsultan Hukum PT. Mamuang

Konsultan Hukum PT. PASANG KAYU (JAKARTA)

Konsultan Hukum PT. Lestari Tani Teladan

Konsultan Hukum PT. Unggul Widya Teknologi Lestasi Tbk.

Konsultan Hukum PT. Mahakarya Widya LestariKonsultan Hukum PT. SNCT (PMA). 

 

Profil  H.Pangerang Rahim

Pangerang Rahim lahir di Soppeng, 4 Feberuari 1947 atau saat ini sudah berumur 71 tahun.

Awal karier mengabdi sebagai seorang guru PNS (1968-1979) dan pernah menjabat sebagai Sekretaris PGRI Parepare. Pangerang mulai masuk sebagai fungsionaris Golkar pada tahun 1973 atau 45 tahun lalu. Pangerang Rahim pun terpilih sebagai anggota DPRD Parepare ada tahun 1982. Dua periode di DPRD Parepare, Pangerang Rahim naik tingkat menjadi anggota DPRD Sulsel. Masih duduk sebagai anggota DPRD Sulsel, Pangerang Rahim dipinang Taufan Pawe sebagai calon Wakil Wali Kota Parepare hingga akhirnya terpilih.

Riwayat pendidikan Pangerang Rahim

-Sekolah Rakyat 1959

-SMP 1963

-SMA 1966

 

Pengalaman Organisasi

-Wakil Sekretaris Golkar 1973-1998

-Sekretaris Golkar 2009- 2014

-KNPI 1974-1992

 

Pekerjaan

-PNS 1967-1999

-Anggota DPRD Parepare 1982-1992

-Anggota DPRD Sulsel 1992-2018.

 

Istri : Djuleha Muis

Anak

  1. Muh Iqbal Pangerang
  2. Muh Sukarta Pangerang (almarhum)
  3. Rahmat Pangerang
  4. Fitriani Pangerang
  5. Ikhsan Pangerang
  6. Burhan Pangerang
  7. Hijrawati Pangerang
  8. Sudirman Pangerang. ##LAS

Related posts

Leave a Comment