Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano Spanyol Tiba di Tidore

Kota Tidore ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai penyelenggara Sail 2021.

Sebagai penyelenggara Sail, Tidore akan didatangi oleh kapal laut dari berbagai penjuru dunia termasuk Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano dari Spanyol.

Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano tiba di Kota Tidore pada 27 Maret 2021 tepat pukul 09.00 WIB atau 11.00 WITA.

Kedatangan kapal latih yang membawa serta 270 orang dari Spanyol ini akan dijemput oleh kapal Kagunga Sultan yang ditumpangi oleh Sultan Tidore, Wali Kota, Duta Besa, tamu pejabat dan 12 kapal juanga Hongi Kesultanan di Pelabuhan Rum.

Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano Spanyol tiba di Pelabuhan Tidore

Kapal Kagunga dan 12 kapal Hongi itu akan mengiringi kapal Spanyol menuju Mareku.Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Soasio dan berlabuh di depan pantai Tugulufa.Sultan beserta tamu VVIP lalu menuju ke Kampoeng Rameang.

Di kampung tersebut, rombongan langsung disambut dengan upacara penyambutan dan tarian serta rangkaian acara lainnya.

Wali Kota Tidore,Sultan Tidore, kru Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano Spanyol serta tamu undangan lainnya tengah menyaksikan acara yang digelar Pemkot Tidore

Keesokan harinya acara dilanjutkan dengan pertujukan tarian daerah, tour ke lokasi sejarah, pemasangan prasasti di benteng Tahula dan prasasti 500 tahun perayaan Magellan de Elcano sircumnavigation di Tugulufa serta menghadiri kick off Hari Jadi Tidore dan Sail Tidore.

Wali Kota Tidore Capt.Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano merupakan bagian dari rangkaian peringatan 500 tahun pelayaran Ferdinand Magelhaens dan Elcano mengelilingi dunia oleh Global Network of Magelhaens Cities (GNMC).(Hs.Foto.Hs)

 

Related posts