Karyawan PGC Jaktim Curi Data 27 Orang Pelamar Kerja untuk Pinjol, Total Kerugian Rp1,1 Miliar!

Jakarta, GPriority.co.id – Oknum karyawwan toko penjualan telepon seluler di Pusat Grosir Cililitan (PGC) Jakarta Timur, dilaporkan telah mencuri data dari 27 orang pelamar kerja. Ia bahkan menggunakannya untuk pinjol (pinjaman online).

Salah satu korban yang bernama Muhammad Lutfi (31), mengaku jika puluhan pelamar kerja awalnya dijanjikan pekerjaan sejak awal Mei 2024 lalu. Pelaku memberikan persayaratan yaitu menyerahkan KTP hingga foto diri bersamaan dengan surat lamaran kerja.

“Awalnya R (terlapor), menawarkan pekerjaan sebagai admin konter ponsel. Selanjutnya, para korban menyerahkan beberapa persyaratan seperti KTP, berikut juga foto diri,” ujar Lutfi di Polres Jakarta Timur, seperti dikutip dari antara pada Selasa (9/7).

Para korban pun baru mengetahui datanya digunakan untuk pinjol setelah mendapat info tagihan dari aplikasi online. Bahkan total tagihan para korban mencapai Rp1,1 miliar!

“Tiba-tiba ada transaksi tagihan pinjaman dan kredit ‘online’, seperti Shopeepay later, Adakami, Home Kredit, Kredivo, Akulaku, dan lainnya. Sedangkan kami para korban tidak pernah mengajukan transaksi tersebut,” ungkap salah satu korban.

Saat ini sejumlah korban telah melaporkan kasus ke Polres Metro Jakarta Timur, dan menunggu proses lebih lanjut.

Selain itu, pelamar kerja lainnya juga mengaku datanya diduga dipakai oleh HRD tempat ia melamar kerja untuk pinjaman online dengan jumlah Rp10 juta. Bahkan juga sudah tembus bank BUMN.

Foto : Ilustrasi / Freepik