KCIC Catat Lonjakan Penumpang Whoosh saat Libur Panjang Waisak

Jakarta, GPriority.co.id – Jumlah penumpang kereta cepat Whoosh meningkat hingga 30 persen selama libur panjang Waisak tahun 2024, menurut data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan bahwa pada Rabu (22/5) , kereta cepat Whoosh memberangkatkan sebanyak 21.144 penumpang.

“Jumlah penumpang meningkat sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, di mana KCIC melayani sebanyak 16 ribu penumpang,” kata Eva dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Eva menyebutkan jadwal keberangkatan favorit masyarakat pada hari Rabu tersebut adalah sejak pukul 11.30 WIB hingga jadwal terakhir di 20.30 WIB, dengan okupansi mencapai 80 persen hingga 100 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun, tiket yang sudah terjual pada 23 hingga 26 Mei 2024 mencapai 36 ribu tiket, dan jumlah ini terus bertambah seiring penjualan yang masih berlangsung di berbagai loket pemesanan.

KCIC telah mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang selama libur panjang tersebut dengan mengoperasikan sebanyak 48 perjalanan Whoosh per hari. Mayoritas penumpang yang berangkat dari Stasiun Halim turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan dengan KA Feeder menuju Stasiun Bandung.

Pada periode tersebut, KCIC tetap menjual tiket dengan skema “dynamic pricing” atau tarif dinamis, menawarkan harga lebih hemat pada periode perjalanan tertentu.

“Sudah terbukti berdampak positif terhadap operasional Whoosh dan pelayanan penumpang. Adapun tarif kereta cepat Whoosh cukup terjangkau yakni dimulai dari Rp150 ribu saja,” kata Eva.

Selain itu, KCIC menyiagakan petugas posko di berbagai titik untuk membantu pelayanan di tengah peningkatan jumlah penumpang.

“KCIC memprediksi jumlah penumpang akan tetap tinggi pada libur akhir pekan ini. Seluruh petugas sudah bersiap dan akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan menggunakan Whoosh pada momen spesial ini,” tambah Eva.

Foto: KCIC