Kena PHK? Coba Peluang Ini

Banyak peluang usaha yang bisa dilakukan untuk mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19.

Adanya wabah Covid-19 membuat perusahaan meliburkan sementara dan bahkan mengurangi sebagian karyawannya. Akibatnya banyak yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan menganggur. Bagi yang terkena PHK pastinya harus memutar otak dan mencari peluang usaha agar tetap menghasilkan uang dalam situasi apapun.
Berikut beberapa ide peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah.

1. Toko perlengkapan interior online

Menjual berbagai macam perlengkapan interior rumah secara online menjadi peluang usaha yang bisa dibilang banyak dicari warga. Pasalnya banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah dan melakukan kegiatan seperti mencari pernak-pernik hiasan rumah dan mendekorasi ruangan, seperti ruang tamu dan kamar agar terlihat lebih nyaman dan sedap.

Melihat hal tersebut, bisa dijadikan salah satu peluang usaha menjual beberapa perlengkapan interior seperti lampu, lukisan, cat rumah, bangku, dan lain-lain yang berfungsi sebagai pemanis ruangan.

2. Menjual kebutuhan pokok secara online

Menjual Kebutuhan pokok seperti makanan dan barang-barang penting lainnya bisa dijalankan secara online. Akses untuk keluar rumah termasuk ke pasar untuk membeli bahan pokok dikurangi, alhasil media online menjadi jalan keluar untuk berbelanja.

Mempromosikan barang dagangan tersebut bisa lewat WhatsApp dan media sosial seperti Instagram, dan Facebook. Atau bisa juga mendaftar di beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi.

3. Layanan antarbarang

Jasa antarbarang bisa dilakukan saat pandemi dan transportasi yang paling cocok untuk mengantar barang adalah sepeda motor. Ada beragam jasa yang bisa ditawarkan oleh layanan antar barang seperti mengantar makanan, barang, dokumen, dan masih banyak lagi.

Dalam pekerjaan ini hal yang harus diperhatikan dan menjadi keuntungan adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Karena jika kita baik dan ramah kepada pelanggan, otomatis pelanggan tersebut akan merasa senang dan membantu mempromisikan jasa yang ditawarkan kepada orang lain.

4. Produksi masker

Di setiap daerah saat ini mewajibkan masyarakatnya untuk mengenakan alat pelindung diri seperti masker, face shield, dan lain-lain. Karena banyak dicari, hal ini sempat membuat masker seperti N95 dan sensi menjadi langka dan harganya melambung tinggi.

Sebagai gantinya beberapa ahli menyarankan untuk mengenakan masker yang terbuat dari kain untuk mengurangi penularan virus.

Kebutuhan orang-orang terhadap masker bisa kita jadikan peluang usaha memproduksi masker kain. Biasanya kain yang dipakai untuk membuat masker yaitu berbahan kaos katun.

Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit, mulanya kain direbus sekitar 10 menit agar steril. Lalu kain dipotong sesuai ukuran masker pada umumnya, dengan menerapkan lapisan dalam dan luar hingga menutupi hidung dan mulut.

5. Jasa belanja ke pasar tradisional

Ada saja orang yang lebih memilih tetap berbelanja di pasar tradisional ketibang di toko online. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha jasa belanja ke pasar.

Untuk menghindari kerumunan yang ada di pasar, kita bisa menggunakan jasa ini. Pelaku jasanya juga saat melaksanakan pekerjaan tersebut harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti mengenakan masker, sedia hand sanitizer, menggunakan baju panjang, dan lain-lain.

6. Jasa fotografer virtual

Di tengah wabah virus corona ini bermunculan bisnis dan trend baru yang berkembang, salah satunya jasa fotografer virtual. Beberapa fotografer bisa melakukan pemotretan tanpa harus bertemu langsung dengan pelanggan. Mereka akan melakukan panggilan video dengan para kliennya, lalu mengambil gambar. Hasil pemotretan akan diedit dan dikirim kepada klien beberapa waktu kemudian.

Hal tersebut dilakukan untuk menambah inovasi baru bagi pekerja seni, di tengah pandemi untuk menekan penyebaran Covid-19.

7. Laundry

Jasa cuci pakaian juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Pada saat pandemi ini banyak yang beralih menggunakan jasa laundry alih-alih mencuci sendiri, karena beberapa orang merasa pakaian mereka akan lebih bersih jika dicuci di jasa laundry.

Dalam prosesnya sendiri, laundry bisa mematikan kuman dan virus lewat high consentrate pada deterjen. Kemudian setelah pencucian ada pengeringan di suhu 70 derajat, dan proses sertrika uap yang panasnya 80 derajat.

8. Membuat dan menjual jamu mpon-mpon

Saat ini pedagang jamu dan ramuan herbal seperti mpon-mpon laku keras di pasaran. Banyak orang yang mencari keberadaannya untuk dikonsumsi secara rutin.

Mpon-mpon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional seperti temulawak, jahe, lengkuas, kencur, kunyit, dan adas. Rempah-rempah tersebut memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem imun tubuh. Jika tubuh kebal dan sehat otomatis virus dan kuman akan sulit untuk masuk dan hingggap di tubuh kita.

9. Menjual perlengkapan hobi yang sedang trend di masa pandemi

Saat ini masyarakat banyak yang melakukan aktivitasnya di rumah, dan menyalurkan hobi mereka seperti olahraga bersepeda dan memelihara ikan. Tak ada salahnya jika kita memanfaatkan hal ini sebagai ladang usaha, menjual berbagai perlengkapan yang sedang trend.

Selain bersepeda dan memelihara ikan, bagi yang hobi bercocok tanam juga pasti membeli perlengkapan berkebun termasuk bibit tanaman yang bisa dikonsumsi, selain itu juga buku bacaan terutama novel, barang elektronik mulai dari freezer hingga laptop, dan kopi.

Bagi kaum wanita juga karena terlalu sering di rumah, hal ini dimanfaatkan untuk perawatan dan mempercantik diri, seperti membeli bebapa keperluan skincare dan lain-lain.

10. Memproduksi hand sanitizer dan tisu basah

Sama halnya seperti masker, hand sanitizer juga banyak diburu masyarakat, dan sempat langka. Hand sanitizer diklaim bisa membunuh kuman dan virus pada kulit untuk menghindari penularan virus corona.

Hand sanitizer bisa dibuat sendiri di rumah dan menjualnya sebagai penghasilan tambahan. Hal ini dapat menjadi peluang dalam memulai usaha karena permintaan hand sanitizer yang tinggi.

Menurut panduan dari WHO membuat hand sanitizer harus menyiapkan alkohol 70% dan aloe vera dengan perbandingan 1 : 3, misalnya aloe vera 50 gram, maka alkohol 70 persen sebanyak 150 ml. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit dan tambahkan minyak ekstraksi atau essential oil dari kulit jeruk sebagai pewangi.

11. Jadi Youtuber untuk tutorial

Jadi Youtuber bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kegiatan ini juga bisa menghasilkan uang jika dilakukan dengan serius dan konsisten dengan konten yang menarik dan original.

Memulai menjadi Youtuber memang tidak mudah dan memakan waktu yang tidak sebentar. Namun jika sudah ada niat didalam hati dan bersunggu-sungguh maka hal tersebut bisa terlaksana. Kita bisa memulai membuat konten video seperti tutorial cara memasak, membuat peralatan yang efektif, dan lain-lain.

12. Jasa promosi produk

Jasa promosi produk bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Aktivitas menawarkan barang dan jasa kepada konsumen ini memiliki beberapa tujuan untuk menarik pelanggan agar dibeli dan digunakan.

Kegiatan ini juga biasa disebut Endorsement atau sering disebut endors adalah istilah yang sudah tidak asing di dunia sodial media, apalagi Instagram. Biasanya yang membuka jasa ini adalah artis, selebgram (seleb instagram), dan orang yang memiliki pengikut banyak di instagram.

13. Jasa bengkel kendaraan/elektronik mandiri

Layanan servis kendaraan dan elektronik dari rumah bisa menjadi salah satu peluang kerja yang cukup menjanjikan. Biasanya mereka melakukan servis motor dan mobil ke bengkel, namun saat ini kegiatan di luar ruangan dikurangi, memanggil tukang servis ke rumah menjadi solusi.

Jasa yang biasa disediakan yaitu memperbaiki kerusakan sepeda motor dan mobil seperti press simpang tiga, servis, ganti oli, hingga mengganti onderdil lainnya.

14. Jasa mengajar di lingkungan terdekat

Dalam situasi seperti ini, anak-anak sekolah banyak yang diliburkan entah sampai kapan. Meskipun kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan sementara, namun para siswa tetap diberi tugas dari rumah.

Ada yang melakukan pengajaran jarak jauh melaui video seperti zoom, google meeting, dan lai-lain. Ada juga yang hanya diberikan tugas biasa dari buku latihan.

Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha, memberikan pengajaran kepada anak-anak dilingkungan setempat seperti les privat. Agar anak-anak tidak tertinggal dan tetap belajar dalam situasi dan kondisi apapun. (Dwi)

Related posts