Kenali 5 Bahasa Ungkapan Kasih Sayang

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan kasih sayang, baik tumbuhan maupun hewan apalagi manusia.

Kasih sayang dari orang tua, anak, pasangan, dan sahabat mampu membuat hati seseorang menjadi nyaman dan juga hangat. Mengenali bahasa cinta orang yang kita sayang sangatlah penting, sebab bahasa cinta setiap orang berbeda-beda.

Apalagi jika posisi kita adalah sebagai orang tua maka, penting untuk mengenali jenis kasih sayang apa yang dibutuhkan si buah hati. Ada yang merasa nyaman hanya dengan kata-kata dan tindakan, atau bahkan ada yang lebih nyaman dengan sentuhan dan pelukan.

Menyampaikan kasih sayang itu penting karena dengan menunjukkan rasa cinta dan kepedulian membuat mereka merasa berharga dan tentunya menambah kedekan yang mendalam.

Teori bahasa cinta pertama kali dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman pada tahun 1992 lewat bukunya yang berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate. Chapman menjelaskan bahwa setiap orang memiliki salah satu bahasa cinta yang dominan di dalam dirinya. Meskipun buku ini sudah lama terbit namun buku ini banyak dibutuhkan oleh banyak orang, dan sudah terjual 12 juta di seluruh dunia dalam 50 bahasa.

1. Words of affirmation

Orang dengan tipe bahasa cinta ini akan menunjukkan dan menerima rasa cinta melalui kata-kata, baik secara verbal atau tulisan, seperti apresiasi, pujian, atau kata sayang seperti “Love you”. Pemilik bahasa cinta ini memaknai ucapan lebih dalam dari hal lainnya dan memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap kata-kata yang.

2. Acts of service

Bahasa cinta ini lebih banyak diungkapkan melalui tindakan. Orang yang memiliki tipe bahasa cinta ini cenderung akan menunjukkannya melalui tindakan. Dia akan sepenuh hati membantu atau menolong pasangannya. Begitu juga saat menerima perlakuan yang setimpal, dia akan sangat menghargai bentuk pelayanan yang dilakukan oleh pasangannya.

3. Receiving gifts

Setiap hadiah yang diberikan atau diterima tentu memiliki makna yang mendalam. Bukan karena nilai hadiahnya, namun karena waktu yang diluangkan dalam mempersiapkan hadiah tersebut. Biasanya orang tersebut akan selalu mengingat setiap hadiah yang diberikan. Jadi, jika memiliki pasangan dengan bahasa cinta ini, pilihlah hadiah yang dapat menunjukkan bahwa kamu memahaminya dan tulus mencintainya. Yang harus diwaspadai, bahasa cinta ini bisa disalahartikan sebagai perilaku materialistis.

4. Quality time

Mereka akan merasakan dan memperlihatkan rasa cintanya dengan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Dia umumnya merasa dicintai ketika pertemuan yang dilakukan diisi dengan komunikasi yang berkualitas, seperti deep talk, bertukar pikiran, atau untuk curhat. Saat sedang menghabiskan waktu dengannya, pemilik bahasa cinta ini akan bersungguh-sungguh menaruh perhatiannya. Bahkan, dia mungkin juga akan mematikan teleponnya agar waktu yang dihabiskan bersama menjadi lebih intim tanpa gangguan.

5. Physical touch

Orang yang memiliki bahasa cinta ini akan menunjukkan kasih sayangnya melalui sentuhan fisik, misalnya menggenggam tangan, memeluk, membelai, atau mencium. (Dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts