Kenali Jenis, Gejala, dan Penyebab Mental Illness


Jakarta,GPriority.co.id – Mental illness atau gangguan kesehatan mental adalah istilah yang mengacu pada kondisi seseorang yang sedang mengalami gangguan pada pikiran, perasaan, suasana hati hingga perilakunya.

Mental illness memiliki beberapa jenis dengan gejala yang berbeda tergantung pada tingkat keparahannya. Berikut jenis-jenis mental illness yang sering kita dengar atau ketahui disekitar kita:

1. Gangguan kecemasan
Gangguan kecemasan adalah salah satu jenis mental illness yang umum terjadi. Gangguan ini bisa membuat penderitanya merasa takut, cemas berlebihan, atau terancam saat berhadapan dengan objek atau situasi tertentu.

2. Depresi
Depresi juga merupakan jenis mental illness yang sering terjadi. Depresi diklasifikasikan sebagai gangguan mood yang dapat menyebabkan gejala, seperti perasaan sedih yang berlarut-larut, putus asa, bahkan keinginan bunuh diri. Gejala-gejala tersebut bisa dianggap depresi jika menetap selama lebih dari 2 minggu.

3. ADHD
Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) adalah jenis mental illness yang paling banyak terjadi pada anak-anak dan bisa berlanjut hingga mereka dewasa. Orang dengan ADHD biasanya cenderung hiperaktif dan memiliki kesulitan dalam mempertahankan fokus pada suatu hal.

4. Gangguan stres pascatrauma
Gangguan stres pascatrauma adalah kondisi seseorang yang mengalami peristiwa traumatis seperti pelecehan, perang, bencana alam, atau kecelakan yang serius. Gangguan stres pascatrauma bisa membuat penderitanya terus merasa takut dan stres karena terbayang-bayang suatu peristiwa traumatis tersebut.

5. Skizofrenia
Skizofrenia adalah jenis mental illness yang terjadi saat penderitanya tidak mampu membedakan kenyataan dan pikirannya sendiri. Gangguan ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami pemikiran yang tidak realistis, halusinasi, dan perubahan perilaku.

Berikut adalah beberapa gejala mental illness secara umum:
•Perasaan sedih berkepanjangan
•Kesulitan untuk berpikir atau berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi
•Ketakutan, kekhawatiran, atau rasa bersalah yang berlebihan
•Perubahan suasana hati yang ekstrem
•Penarikan diri dari lingkungan sosial
•Lelah yang berkepanjangan
•Perubahan pola tidur
•Ketidakmampuan dalam mengatasi masalah sehari-hari
•Kesulitan memahami situasi atau orang lain
•Perubahan besar dalam kebiasaan makan
•Kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang
•Ada pikiran untuk mengakhiri hidupnya (bunuh diri)

Berikut penyebab seseorang mengalami mental illness:
1.Pengalaman traumatis
2.Riwayat gangguan kesehatan mental dari keluarga
3.Stres berkepanjangan
4.Riwayat penyakit lain
5.Kerusakan otak akibat cedera fisik yang serius
6.Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang
7.Riwayat pelecehan dan penelantaran saat masa kecil

Jika Anda memiliki gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas, jangan panik. Kenali dahulu penyebabnya dan konsultasikan kepada ahlinya. Bisa saja itu bukan penyakit mental ilness. Tetapi jika didiagnosis benar, lakukan pengobatan ke dokter atau psikiater. Nantinya, Anda akan diberikan beberapa solusi tergantung penyakit yang Anda alami. (Hn.Foto.Istimewa)

Related posts