Kepala BKPM Bahlil Datang Ke PT IWIP

GPRIORITY_WEDA – Tranformasi ekonomi melalui hilirisasi sumber daya alam (SDA) menjadi salah satu fokus pemerintah adalah industri pengelolaan (smelter) di Provinsi Maluku Utara (Malut). Jumat (19/2/2021) pagi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia, melakukan kunjungan ke PT. Indonesia Weda Bay Industrial Part (IWIP) di Halmahera Tengah (Halteng) Provinsi Maluku Utara (Malut) didampingi Bupati Halteng Drs. Edi Langkara, MH.

Menurut Bahlil, bahwa berdasarkan catatan BKPM, pembangunan IWIP ini progress-nya positif. BKPM akan terus mengawal penyelesaian proyek Kawasan IWIP tersebut serta memfasilitasi rencana investasi yang akan masuk. Kalau ada masalah, kita selesaikan. Jangan sampai mangkrak.

“Satu pesan yang saya tekankan kepada pengelola Kawasan IWIP. Libatkan pengusaha lokal yang ada di Maluku Utara. Sehingga, nantinya investor dan pengusaha lokal, khususnya UMKM, dapat berkembang bersama dan pada akhirnya akan tercipta pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata,”

dia menuturkan, bahwa kalau pemerintah pusat sudah mendukung dan kawal, tentunya perlu juga komitmen dari pemerintah daerahnya. Kita mau menjadikan Provinsi Maluku Utara, khususnya Kabupaten Halmahera Tengah sebagai salah satu percontohan pengolahan nikel (smelter) guna mendukung program pemerintah dalam rangka hilirisasi sektor pertambangan. “Penting dilakukan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah” tuturnya. (wmj).

Related posts