Kepulauan Tidore Diproyeksikan Jadi Kawasan Strategis Pariwisata Baru di Timur Indonesia

Penulis : Dimas A Putra | Editor : Lina F | Foto : Kemenhub

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Tengah mendorong Tidore Kepulauan untuk menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

“Oleh karenanya, Kepulauan Tidore akan didorong menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” ujar dalam Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Puncak Hari Hari Nusantara (Harnus) 2023 di kawasan wisata Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Rabu (13/12).

Diketahui, Puncak Hari Hari Nusantara (Harnus) 2023 yang berlangsung pada 10- 13 Desember 2023 sengaja dipusatkan di salah satu wilayah Timur Indonesia yang memiliki kekayaan dan pemandangan alam memukau tersebut.

Mengusung tema ‘Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah’, Menhub Budi yakin gelaran ini menjadi momentum Tidore Kepulauan makin dikenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga dunia.

“Momentum Indonesia untuk memperingati keragaman budaya, kenusantaraan, rasa persaudaraan, mendorong pariwisata domistik, serta meningkatkan gotong royong dan semangat dengan memahami arti penting wawasan nusantara,” ucapnya.

“Kegiatan ini memastikan bahwa pembangunan nasional tidak hanya terpusat. Tapi harus di seluruh pelosok nusantara,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Menhub pun menegaskan jika pemerintah terus berupaya meningkatkan konektivitas antarpulau di seluruh wilayah tanah air.

“Ini menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan dan membangun sektor perekonomian bangsa. Sesuai dengan tema Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah. Ini pun harus diingat dan kita maknai bersama dan bahwa rempah-rempah Tidore menjadi salah satu pusat kegiatan yang penting di Indonesia, jelas Budi.

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengaku bangga kepada Tidore yang telah menjadi tuan rumah dua event nasional di antaranya Sail Tidore 2022 dan Hari Nusantara 2023.

“Bahwa peringatan Hari Nusantara 2023 di Maluku Utara merupakan amanah negara kepada kita untuk ikut menjaga NKRI dari berbagai ancaman yang berpotensi menciptakan distorsi bangsa,” kata dia.

Atas nama masyarakat Maluku Utara, ia pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberi kesempatan wilayahnya, menjadi tuan rumah Peringatan Hari Nusantara 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Gani Kasuba turut meminta Pemerintah Pusat untuk mempercepat rencana pembangunan bandar udara Loleo di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Dimana lokasi calon bandara baru ini terletak di Desa Aketobololo, sekitar 23 kilometer (km) dari Kota Sofifi (Ibukota Maluku Utara).

“Mudah- mudahan Pak Menteri Perhubungan, kita punya lahan yang sangat luas sekali di Loleo,” ujar dia.

Hal senada pun diungkapkan diungkapkan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, bahwa peringatan Hari Nusantara 2023 menjadi momentum untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Tidore, Maluku Utara, khususnya pembangunan Bandara di Loleo.

“Saya bermimpi Tidore Maluku Utara didorong untuk pembangunan infrastruktur baik di darat, laut dan udara. Termasuk pembangunan bandara yang ada di Loleo,” kata dia.

Pada puncak acara Hari Nusantara 2023 digelar demonstrasi paramotor, pagelaran tari kolosal, sailling pas, parade perahu nelayan, dan penampilan grup band Slank.