Keutamaan membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : dok.pribadi

Jakarta,GPriority.co.id-Di bulan yang penuh ampunan dan pahala ini, marilah kita berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, salah satunya dengan membaca Al-qur’an atau biasa disebut dengan tadarus.

Tak sekedar membaca, mereka juga menargetkan untuk bisa mengkhatamkan pada bulan Ramadan.

Menurut Ustad Marwansyah Munir yang dihubungi via WhatsApp (7/5), banyak sekali keutamaan yang didapat saat kita mengkhatamkannya di bulan Ramadan ini.

Yang pertama mendapatkan banyak pahala, kedua menjadi amalan yang dicintai Allah SWT, ketiga mengikuti sunah Rasullah SAW, keempat memberikan ketenangan dan rahmat, kelima mendapat syafaat di hari kiamat, dan terakhir meningkatkan derajat.

Agar bisa mengkhatamkan Al-Qur’an ada beragam cara yang bisa dilakukan. Yang pertama Anda bisa membuat target, di mana setiap solat 5 waktu baca 4 halaman (2 lembar), bisa dipilih sebelum atau sesudah solat. Atau sebelum solat 1 lembar dan sesudahnya 1 lembar lagi.

Dengan begitu, 1 hari bisa mendapatkan 1 juz, dan sebulan bisa mendapatkan 30 juz.

Tips lainnya, bagi Anda yang bekerja, bawalah Al Quran kecil atau unduh aplikasi Al Quran di ponsel pintar Anda. Dengan begitu, Anda dapat membaca Al Quran kapan pun di waktu senggang saat bekerja.