Kolam Kotor? Tanaman Ini Bisa Bikin Kolam Ikan Jernih dan Cantik

Mempunyai kolam ikan sendiri di halaman rumah merupakan suatu hal yang menyenangkan. Selain menambah nilai estetik pada rumah, kolam ikan juga dapat menciptakan hawa yang sejuk dan enak dipandang mata.

Namun adakalanya kita sedang sibuk atau malas sehingga tak ada waktu untuk membersihkan kolam. Alhasil air kolam akan berubah menjadi keruh dan bahkan menimbulkan jentik nyamuk yang membahayakan kesehatan.

Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa jenis tanaman air yang dapat membantu menyaring air agar kolam tidak kotor. Selain itu, tamanan air juga menambahkan kesan indah pada kolam.

1. Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan jenis tanaman yang mengapung di air, dan bisa tumbuh hingga sekitar 0,4 – 0,8 meter. Tanaman ini biasa tumbuh di perairan dengan aliran air yang lambat seperti kolam dangkal, rawa,  danau, hingga sungai. Meskipun biasa dimanfaatkan untuk membersihkan kolam ikan, pastikan untuk selalu mengangkat tanaman ini jika sudah terlalu memakan tempat.

2. Teratai

Teratai memiliki bunga yang cantik berwarna-warni berukuran 45-90 cm. Selain itu daunnya juga mengembang di atas air. Tanaman yang dikenal dengan nama lain nyamphaea ini dikenal mampu menyaring kotoran atau polutan yang ada di dalam air. Selain itu bunga dan bantalan daun memberikan keteduhan di atas air, menjaga air tetap sejuk dan mencegah ganggang tumbuh secara berlebihan. Tanaman ini juga membantu melindungi ikan yang berenang di bawahnya dari panas matahari dan burung pemangsa.

3. Bambu Air

Bambu air memiliki bentuk yang menyerupai tanaman bambu asli, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tingginya sekitar 25 hingga 100 cm saja. Tanaman air ini maksimal tumbuh hingga 3 cm saja. Tanaman air berwarna hijau ini cocok diletakkan di sekeliling kolam ikan sebagai pembatas.

4. Gangga Rantai

Gangang rantai bersifat oksigenasi, yakni mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam air sehingga kolam ikan tetap jernih. Selain itu, ikan dalam kolam pun mendapat pasokan oksigen yang cukup. Selain digunakan untuk membersihkan kolam, bentuknya yang besar juga bisa digunakan ikan untuk berlindung dan berteduh.

5. Apu-apu

Apu-apu berfungsi sebagai pembersih dari pencemaran air salah satunya dapat menyerap logam – logam limbah. Tanaman apu apu juga bisa di gunakan untuk berkembang biak ikan, melindungi ikan dari terik matahari, meningkatkan oksigen di dalam air, filter alami, dan cocok untuk tempat persembunyian anakan ikan ataupun tempat ikan meletakkan telurnya. Ciri khas dari tanaman apu-apu adalah permukaannya yang ditumbuhi oleh bulu-bulu halus yang menyerupai beludru. tanaman berdaun hijau ini juga memiliki akar berwarna putih. (dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts