KTT Zona Hijau, Begini Kata Bupati Undunsyah

Tana Tidung, Gpriority – Pemerintah Kabupaten Tanah Tidung (KTT) melalui Bupati Undusnyah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) KTT untuk segera membuka sekolah tatap muka.

Dirinya membenarkan peta resiko yang ditetapkan Satgas Covid-19 Pusat bahwa KTT menjadi satu-satunya daerah di Kalimantan Utara (Kaltara) yang masuk dalam wilayah zona hijau.

“Jadi saya meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) untuk segera membuka sekolah tatap muka, target pada minggu depan sudah bisa direalisasikan,” ungkap Undunsyah, Senin (10/8/2020).

Bupati Undusnyah mengakui bahwa pihaknya sudah menunggu hampir sebulan terakhir ini untuk penentuan zona hijau karena selama itu tidak ada yang terpapar.

“Setelah dievaluasi memang sekolah di tengah pandemik Covid-19 ini banyak hambatan yang dialami baik khususnya Siswa/i dalam memperoleh materi dengan sistem dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Kita berharap secepatnya ini disosialisasikan supaya tatap muka segera dilaksanakan,” terang dia yang didampingi oleh Kepala Disdik Tana Tidung, Jafar Sidik.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa meskipun masuk zona hijau akan tetapi pintu masuk ke KTT akan diperketat. Dan memastikan akan tetap menjaga mobilisasi orang yang masuk ke KTT, khususnya yang berasal dari zona merah.

“Penyebaran virus melalui transmisi lokal mungkin saja tidak akan terjadi. Namun bisa saja klaster dari luar daerah. Ini yang perlu untuk diperketat penjagaannya. Dan sosialisasi mengenai protokol kesehatan akan terus dilakukan”, terang Undunsyah.

“Saya yakin edukasi dan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan akan berjalan lancar dengan dibukanya sekolah tatap muka nanti. Yang penting terus dilakukan sosialisasi mengenai hal ini,” katanya.

Untuk wilayah KTT sendiri, pemerintah akan membuka bebas aktivitas dengan kepatuhan protokol kesehatan di beberapa daerah yang dinyatakan bebas dari kemungkinan penyebaran transmisi lokal. Sedangkan kawasan yang dianggap rawan terjadinya transmisi lokal akan dibatasi.

“Jadi tidak semua wilayah akan bebas walaupun zona hijau, kita akan melihat seberapa rawan transmisi lokal di suatu daerah. Jika rawan, maka kita tidak akan buka lebar aktivitas. Begitu juga sebaliknya tapi semuanya tetap mengacu dan membiasakan diri patuh protokol kesehatan,” tegas dia.

Terpisah dari itu, Kepala Disdik KTT Jafar Sidik memastikan akan segera menjalankan mandat yang diberikan Bupati Undunsyah, yakni dimulainya belajar tatap muka.

“Yang paling utama tetap menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan, kita harapkan belajar tatap muka dapat dilaksanakan semaksimal mungkin,” tutup Jafar.#(FBI)

Related posts