Kunto Aji Jadi Linmas Pemilu 2024, Warganet: Ikut Bimtek Juga Nggak Ya?

Jakarta, GPriority.co.id – Jagat maya dihebohkan dengan video viral di TikTok yang memperlihatkan penyanyi Indonesia terkenal, Kunto Aji, yang sedang bertugas sebagai linmas di pemilu 2024 pada Rabu (14/2) kemarin.

Linmas (Perlindungan Masyarakat) sendiri mempunyai tanggung jawab untuk menjaga ketertiban di TPS dan tidak boleh ikut aktivitas penyelenggaraan pemilu. Tak sedikit warganet yang memberikan komentar nyeleneh terkait hal tersebut.

“Itu honornya diambil nggak ya? Nggak kebayang Kunto Aji sekali nyanyi berapa, ini dibayar jadi linmas berapa?,” ketik seorang warganet.

“Kunto Aji ikut bimtek juga nggak ya?,” tanya seorang warganet lainnya.

Usut punya usut, ternyata Kunto Aji ditawari oleh ibu RT kompleknya. Tanpa pikir panjang, ia pun menerima tawaran tersebut, karena kebetulan juga sedang tidak ada kerjaan.

“Kebetulan ditawari Bu RT ikutan pas pemilu, bersedia lah, dengan syarat minta yang tugasnya paling mudah, karena takut gabisa ikut rapat dan belum pengalaman juga jadi anggota KPPS,” cerita Kunto Aji.

Hal itu ternyata dilakukan Kunto Aji, sebagai tujuan untuk melakukan pendekatan dengan warga kompleknya. Karena ia terbilang masih menjadi warga baru di kompleks tempat tinggalnya tersebut.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-647/MK.02/2022 tertanggal 5 Agustus 2022 perihal Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pemilihan, ternyata gaji linmas dalam negeri di Pemilu 2024 adalah sebesar Rp700 ribu.

Kunto Aji nampaknya sangat antusias menjalankan tugasnya sebagai linmas Pemilu 2024 kemarin. Bahkan ia sampai membeli seragam linmas sendiri meski tidak digunakan ketika bertugas. Hal ini ia bagikan pada akun Instagram resmi-nya.

Foto : GP Nindya