Makna ‘Omon-Omon’ Yang Viral Usai Prabowo Kritik Anies

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah debat ketiga capres Minggu (7/1) kemarin, terdapat banyak momen yang menjadi viral di media sosial. Selain istilah ‘alutsista’, kata ‘omon-omon’ yang diucapkan Prabowo usai mengkritik Anies, juga banyak dicari orang soal maknanya.

Sebenarnya, apa itu makna ‘omon-omon’?

‘Omon-omon’ adalah plesetan dari asal omong atau banyak omong tapi tidak ada isinya.

Berkat trendingnya istilah ‘omon-omon’ ini, banyak juga netizen Indonesia yang kreatif dan membuat meme tentang kata tersebut.

Bahkan kata ‘omon-omon’ masuk daftar trending di platform X.

Dari debat-debat sebelumnya, ada beberapa kata atau istilah yang juga tak kalah trending di sosial media.

Seperti ‘sorry nih yee’, ‘slepet’, ‘SGIE’, ‘gemoysian’, ‘viralisme’, ‘alutista’, dan lain-lain.

Ungkapan ‘omon-omon’ sendiri dilontarkan oleh Prabowo sebagai bentuk kritik terhadap capres nomor urut 1, Anies Baswedan, yang dianggap hanya banyak berbicara dan berbicara omong kosong.

“Kalau bener masuk akal saya setuju, kalau omon omon ya kumaha?” ujar Prabowo dalam debat capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

“Kenapa negara-negara selatan melihat ke Indonesia, karena kita berhasil membangun ekonomi kita. Jadi tidak hanya omong omon omon kerjanya omon saja, tidak bisa,” tambahnya.

Menurut Prabowo, untuk memimpin suatu negara dibutuhkan kerja nyata dan agenda yang jelas dalam tujuan memajukan dan membangun negara.

Foto : Youtube/CNN Indonesia