Mau Bawa Sepeda Masuk Kereta? Cek Aturannya

Jakarta,Gpriority-Kabar gembira bagi para goweser (sebutan bagi pecinta sepeda) di Jabodetabek, pasalnya PT MRT Jakarta per tanggal 24 Maret 2021 mengizinkan sepeda non lipat untuk masuk ke dalam gerbong kereta.

“ Ya memang benar kami dari MRT Jakarta mengizinkan sepeda non lipat masuk ke gerbong kereta per hari ini, Rabu (24/3/2021),” ucap Direktur Utama PT MRT Jakarta William seperti dikutip dari kontan (24/3/2021).

Namun untuk sementara ditambahkan Wiliam, kebijakan ini baru berlaku untuk  3 Stasiun MRT yakni Lebak Bulus Grab, Stasiun Bundaran HI, dan Stasiun Blok M BCA. “ Ketiga stasiun tersebut dipilih dikarenakan memiliki letak yang sangat strategis. Kami akan melihat kalau program ini berjalan lancar, maka stasiun lainnya pun diijinkan untuk memasukkan sepeda non lipat,” jelas Wiliam.

Meskipun diijinkan, Wiliam menjelaskan tidak semua sepeda non lipat diijinkan masuk ke gerbong.” Ada syaratnya,” jelas Wiliam.

1.Sepeda yang diperbolehkan masuk gerbong adalah sepeda reguler atau yang biasa digunakan oleh warga.

2. Dimensi maksimal yang diperbolehkan, yakni 200 sentimeter X 55 sentimeter X 120 sentimeter, dengan lebar ban maksimal 15 sentimeter. Selain itu, sepeda tandem tidak diperbolehkan masuk. MRT Jakarta juga menerapkan jam khusus untuk mengangkut sepeda non-lipat

3. Senin-Jumat, penumpang yang membawa sepeda non-lipat diperbolehkan naik kecuali pada jam sibuk, yakni pukul 07.00-09.00 WIB dan pukul 17.00-19.00 WIB.Sementara pada Sabtu dan Minggu, sepeda non-lipat diperbolehkan masuk selama jam operasional kereta. Pembatasan ini dilakukan guna mengurangi potensi penumpukan penumpang.

Guna mendukung sepeda non lipat masuk ke gerbong kereta, Per 14 Maret 2021,MRT telah menyiapkan jalur sepeda pada tangga stasiun. MRT juga telah menyiapkan stiker area prioritas sepeda non lipat pada stasiun dan kereta.

Naik MRT, Anies Baswedan Bawa Sepeda Non Lipat ke Gerbong Kereta

Diijinkannya sepeda non lipat masuk ke gerbong kereta, membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada rabu (24/3/2021) membawa sepeda non lipatnya ke gerbong sepeda.

Dalam unggahannya di akun instagram, Anies Baswedan terlihat tengah menuntun sepeda non lipatnya di stasiun MRT Lebak Bulus. Anies kemudian menaikkan sepedanya ke dalam gerbong yang bertuliskan area prioritas sepeda non lipat.

Saat duduk, Anies mengatakan sangat nyaman apalagi ada 3 bangku yang tidak boleh diisi.” Jaga jarak banget terima kasih MRT,” ucap Anies.

Tak lama kemudian, Anies pun turun di stasiun Bundaran HI, ia pun kembali menuntun sepedanya melalui jalur sepeda yang sudah disediakan.(Hs)

Related posts