Mau Berlibur Panjang? Coba Ikuti Berbagai Tips Berikut Ini Agar Tetap Dalam Kondisi Fit

Penulis : Nindya Farhah Azzahrah | Editor : Dimas A Putra | Foto : Freepik

Jakarta, GPriority.co.id – Akhir tahun telah tiba. Berlibur dan melakukan perjalanan panjang bersama keluarga ataupun orang terdekat, menjadi salah satu pilihan yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Sebelum pergi berlibur dan melakukan perjalanan panjang, ada baiknya untuk melakukan tindakan pencegahan tertentu agar anda dan keluarga tetap sehat selama liburan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, mengonsumsi suplemen seperti vitamin D, vitamin C, dan juga zinc untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin D berperan penting dalam kesehatan tulang serta fungsi otot dan saraf.

Vitamin C juga penting untuk sistem kekebalan tubuh anda, karena membantu melindungi sel dari radikal bebas yang dihasilkan oleh infeksi virus.

Sementara itu, zinc merupakan kunci dalam perkembangan dan menguatkan fungsi sel kekebalan. Dehidrasi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anda, jadi pastikan untuk minum cukup air putih.

Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk menghindari kafein atau alkohol sebelum bepergian karena dapat membuat tubuh anda menjadi dehidrasi.

Jika anda bosan minum air putih, anda bisa menjadikan air kelapa hijau yang juga banyak memiliki khasiat dan manfaat baik bagi tubuh anda.

“Jika tubuh kita dehidrasi, maka efeknya adalah mudah lelah, lemah, bahkan yang terparah bisa mengalami kejang-kejang,” ujar Kara Lydon, seorang ahli diet yang sudah bersertifikat.

Kara juga menambahkan, bahwa minuman elektrolit mengandung gula dan kalori yang dapat memberi energi pada tubuh kita.

Namun perlu diingat, karena mengandung kadar gula yang tinggi, jangan sampai anda berlebihan dalam mengkonsumsi minuman elektrolit.

Istirahat malam yang cukup sebelum bepergian juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengisi ulang sel kekebalan tubuh untuk melawan patogen.

Patogen dalam dunia medis merupakan organisme yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Atau dalam istilah lain, patogen adalah mikroorganisme parasit.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan menghindarkan barang bawaan anda saat berlibur dari tempat/wilayah yang kotor.