Mengenal Boneka-Boneka Indonesia Berbau Mistis


Spirit doll merupakan salah satu boneka arwah yang tengah digandrungi oleh Selebriti dan juga generasi milenial.

Bentuknya yang seperti bayi, lucu dan sedikit menyeramkan menjadi alasan kenapa banyak yang mau mengoleksi boneka ini.

Di Indonesia, selain spirit doll, ada juga beberapa boneka yang mengandung kekuatan mistis di dalamnya. Nah boneka apa sajakah yang dimaksud. Berikut ulasannya.

1.Ondel-ondel
Ondel-ondel merupakan salah satu boneka yang kabarnya mengandung kekuatan mistis untuk mengusir wabah penyakit dari suatu kampung. Konon katanya penyakit tersebut dibuat oleh mahlus halus sehingga harus ditangkal pula dengan makhlus halus yang terdapat di ondel-ondel.

2.Wayang golek
Bukan cuma sekedar pertunjukkan, wayang golek dipercaya oleh semua orang akan membuntuti Anda jika tidak menyaksikan pertunjukkan yang digelar dalang sampai habis. Menurut beberapa paranormal kejadian ini disebabkan oleh kayu yang dibuat wayang golek memiliki kandungan gaib.

3.Sigale-gale
Sigale-gale merupakan boneka patung berwujud pria berwarna sawo matang yang dipahat dari kayu. Boneka yang berasal dari Sumatera Utara ini biasa dipergunakan untuk acara ritual penguburan masyarakat Batak.

4.Badawang
Boneka besar asli tanah Pasundan yang dibuat mirip dengan ondel-ondel namun beda bentuknya. Dahulu boneka ini sering digunakan untuk ritual toteisme atau ajaran yang mempercayai bahwa warga kelompok dengan satu garis keturunan adalah keturunan dewa-dewa.

5.Nini Thowok
Hingga saat ini masyarakat Jawa percaya bahwa Nini Thowok dapat menolak bala dan menyembuhkan penyakit. Tidak hanya itu Nini Thowok juga dipercaya sebagai pelindung desa,karena di dalamnya dihuni oleh arwah baik yang dapat bergerak luwes untuk melindungi penduduk desa dari marabahaya.

6.Jailangkung
Boneka yang dibuat dari kayu ini memiliki kekuatan gaib jika dipanggil dengan menggunakan mantra. Terkait siapa arwah yang bisa masuk ke dalamnya, banyak paranormal yang mengatakan bahwa siapa saja yang penting mereka dipanggil untuk menghuni boneka kayu tersebut.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts