Mengenal Lebih Dekat Pembangunan Infrastruktur SDA di Kepulauan Riau

Berdasarkan laman media sosial Kementerian PUPR pada Senin (11/10/2021), Dalam beberapa tahun ke depan, Kota Batam diperkirakan akan mengalami defisit air akibat pertumbuhan jumlah penduduk. Ketersediaan air baku juga vital bagi perkembangan Kota Batam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Riau, sehingga Kementerian PUPR berkomitmen meningkatkan pembangunan infrastruktur di  Provinsi Kepulauan Riau guna mendukung ketahanan air dan mencegah abrasi pantai di Provinsi tersebut.

Adapun infrastruktur SDA yang sudah dibangun di Kepulauan Riau adalah Bendungan Sei Gong, Embung Daerah Aliran Sungai Kawal, dan Embung Air Baku Pulau Nipa.Selain itu juga dibangun Pengaman Pantai Pulau Nongsa yang merupakan pulau terluar Kepulauan Riau untuk melindungi mercusuar dan batas negara dari abrasi pantai.

Dalam siaran persnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap pembangunan infrastruktur SDA di Kepulauan Riau bisa bermanfaat bagi masyarakat, sehingga bencana kekeringan atau kebanjiran saat musim penghujan tiba tidak akan terjadi lagi di Kepulauan Riau.(Hs.Foto.Humas PUPR)

Related posts