Mengenal Ubaid Yakub, Bupati Halmahera Timur

Bupati Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara saat ini dipegang oleh Drs. H. Ubaid Yakub, MPA, dengan masa jabatan 2020 – 2025.

Ubaid Yakub bersama dengan wakilnya, Anjas Taher, S.E., M.Si ditetapkan oleh KPU Haltim sebagai kepala daerah terpilih setelah memperoleh suara sebanyak 24.613 atau 51,4 persen pada Pilkada Haltim 2020.

Penetapan tersebut dilakukan melalui Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Haltim Terpilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 di ruang paripurna DPRD Haltim pada 18 Februari 2020.

Ubaid Yakub tumbuh besar di Desa Gotowasi, Kecamatan Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, dan lahir pada tanggal 27 Agustus 1969. Ayah dari dua anak ini menghabiskan masa sekolahnya di SD Negeri Gotowasi dan SMP Negeri Buli. Kemudian pada tahun 1985 Ubaid menempuh pendidikan di SMA Negeri Labuha dan lulus di tahun 1988.

Setelah lulus dari sekolah menengah atas, tak menunggu waktu lama bagi Ubaid untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Di tahun yang sama Ia lulus SMA, Ubaid Yakub pergi ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk menempuh pendidikan Strata I di IAIN Alauddin Ujung Pandang, dan lulus di tahun 1992.

Pendidikannya di perguruan tinggi tak berhenti disitu saja, selang 16 tahun berlalu Ubaid Yakub melanjutkan pendidikan Strata II di Universitas Gajah Mada Yogyakarta selama dua tahun, dan lulus di tahun 2010.

Suami dari Sittinur Hi Ma’bud ini juga cukup aktif dalam berorganisasi, salah satunya Ia tergabung dalam organisisi PC (Pengurus Cabang) Muhammadiyah Kota Maba, menjabat sebagai ketua dari tahun 2015 hingga sekarang. Selain itu Ia juga tergabung dalam organsasi KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kababupaten Haltim, menjabat sebagai sekretaris umum dari tahun 2012 hingga sekarang.

Selain aktif dalam berorganisasi, perjalanan karir Ubaid Yakub hingga menjadi Bupati Haltim ini juga cukup panjang terutama di Lembaga Dinas Pendidikan. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Dasar dan Prasekolah di Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Haltim pada tahun 2004 hingga 2006. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga dari tahun 2011 hingga 2016.

Sebelum menjadi Bupati, Ubaid Yakub sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi pada 2016 hingga 2020. Pada Pilkada 2020 kemarin, Ubaid Yakub maju sebagai calon bupati Haltim menggantikan Muh Din Ma’bud yang wafat usai mendaftar ke KPU. Penetapan Ubaid sebagai calon bupati tersebut sesuai dengan kesepakan antara Koalisi Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem. Diketahui Ubaid merupakan saudara ipar mendiang Muh Din, yang mana adik kandung Din adalah istri Ubaid.

Kini Ubaid Yakub sudah menjabat sebagai bupati Halmahera Timur dan mulai menyusun perencanaan pembangunan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD.

Menurutnya penyusunan rencana kerja oleh pemerintah daerah harus disesuaikan dengan hasil musyawaran perencanaan pembangunan kecamatan. Hal tersebut bertujuan agar aspirasi masyarakat dapat diserap dan dijadikan bahan rujukan dalam program skala prioritas.(Dwi)

Related posts