Menparekraf Optimis “Papua Street Carnival” Jadi Pemantik Semangat Anak Muda Papua

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: Kemenparekraf

Jakarta,GPriority.co.id-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyakini gelaran “Papua Street Carnival 2023” menjadi salah satu pemantik semangat dan motivasi terutama bagi anak-anak muda di tanah Papua.

Dia mengungkapkan rasa bahagianya ketika menjadi bagian penyelenggara yang juga berkolaborasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

“Papua Street Carnival menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif, serta menjadi cerminan semangat anak muda untuk memajukan Papua. Dan kreasi-kreasinya ini luar biasa, masif, meriah, dan insyaAllah mendunia,” kata Sandiaga dalam sambutannya, Jumat (7/7).

Bertemakan Papua Extravaganza (The East Great Spirit), gelaran ini menampilkan lebih dari 116 parade. Mulai dari parade budaya, hingga melibatkan 3.000 pelaku UMKM kreatif yang memamerkan produk-produk kreatif lokal.

Sehingga, dirinya yakin gelaran perdana ini menjadi ikon baru guna memperkenalkan Papua lebih jauh ke mata dunia.

“Saya sangat yakin bersama dengan Kepala BIN, Papua akan menjadi ikon wilayah baru dengan gelaran acara yang menarik mata dunia” tandasnya.

Sementara itu, gelaran yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo ini juga menunjukkan bahwa industri ekonomi kreatif di tanah Papua memiliki material atau potensi kekuatan yang besar.

Jokowi mengatakan Papua Street Carnival merupakan awal yang baik. Ia berharap gelaran ini dapat terus berlanjut.

“Saya kira ini adalah awal munculnya banyak sekali industri kreatif yang ada di tanah Papua. Dan kita harapkan ini terus berlanjut,” kata Jokowi menutup sambutannya.