Menyoal Kepemimpinan Etik dan Efikasi Diri, Disertasi Gelar Doktor M.Ridwan Badallah, Predikat Sangat Memuaskan

Penulis : Haris Sunandar | Editor : Lina F. | Foto : Istimewa |

Jakarta,GPriority.co.id-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr.M. Ridwan Badallah,S.Pd.,MM. terima predikat sangat memuaskan saat sidang promosi Doktor pada, Kamis (30/3).

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung saya, para tim penguji, keluarga saya, rekan-rekan dan kerabat di lingkup OPD Sultra, teman-teman media, dan terkhusus Gubernur Sultra, Pak Ali Mazi. Alhamdulillah, saya lulus dengan predikat sangat memuaskan,” ujar Badallah.

Sementara itu, Prof.Dr.H. Murdjani Kamaluddin, SE., M.Si selaku promotor/penguji mengungkapkan gelar Doktor yang diterima Badallah menjadi gelar ke-251 pascasarjana di Universitas Halu Oleo.

“M. Ridwan Badallah adalah Doktor ke-251 pada Pascasarjana Universitas Halu Oleo atau Doktor ke 138 dari program studi Ilmu Manajemen,” ungkap Murdjani.

Disertasi Gelar Doktor M.Ridwan Badallah mengambil judul: Peranan Efikasi Diri dan Komitmen Organisasi Dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Etik Terhadap Keterlibatan Pegawai (Studi pada pegawai Sekretariat Daerah Provinsi Sultra).

Intinya, hasil analisis dan pembahasan pada disertasi berkaitan dengan “kata kunci ” kepemimpinan etik berpengaruh signifikan dan positif terhadap keterlibatan pegawai.

“Pemimpin yang berfikir dan bertindak sesuai dengan norma kepantasan dalam hubungan sosial maka pegawai akan berperan dalam pekerjaan, pegawai bekerja dan mengekspresikan diri mereka secara fisik,kognitif dan emosional,” papar Badallah saat mempertahankan Disertasinya di hadapan para penguji.

Kata kunci lainnya yakni efikasi diri. Efikasi diri, kata Badallah, berpengaruh signifikan dan positif terhadap keterlibatan pegawai. Pegawai yang percaya dengan kemampuannya dalam melakukan tugas untuk mencapai tujuan atau mengatasi hambatan sehingga kemudian terlibat dalam pekerjaannya untuk mencapai hasil yang optimal.

Dengan dinyatakannya lulus sangat memuaskan, Badallah berkomitmen akan menjaga nama baik gelar Doktor yang diberikan, nama baik kampus UHO, dan akan tetap menjalankan tugas-tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. (ADV)