Merasa Dizalimi Orang Lain? Coba Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Hidup Lebih Tenang

Jakarta, GPriority.co.id – Hampir setiap orang pasti pernah merasa dizalimi atau disakiti oleh orang lain. Entah itu secara sengaja, ataupun tidak disengaja. Biasanya sikap zalim ini dapat berupa menyakiti secara fisik, lisan, tulisan, hingga perilaku.

Ketika kita dizalimi orang lain, wajar jika kita merasa sedih, marah, hingga kecewa, ataupun sakit hati. Tak jarang juga yang kemudian menjadi dendam dengan orang tersebut.

Namun, sebagai muslim yang beriman, sudah sepatutnya kita dapat meredam amarah hingga rasa dendam terhadap orang lain. Jika merasa dizalimi, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini agar hidup tetap tenang.

  1. Selalu beristigfar
    Untuk meredam amarah karena dizalimi orang lain, hal yang pertama harus dilakukan yaitu membaca istigfar. Meminta ampun kepada Allah agar terhindar dari amarah yang berlebihan dan bisa menyebabkan dosa. Dengan beristigfar, hati kita juga bisa lebih melunak.
  2. Intropeksi diri
    Intropeksi diri atau bermuhasabah perlu dilakukan agar kita bisa mengkoreksi diri sendiri terlebih dahulu, sebelum menganggap orang lain berbuat zalim. Bisa jadi, orang lain berbuat zalim kepada kita karena memang kita memiliki salah terlebih dahulu kepadanya.
  3. Bersabar dan berdoa
    Bersabar dan berdoalah ketika merasa dizalimi oleh orang lain. Doa merupakan senjata paling ampuh. Apalagi jika kita menyerahkan segalanya kepada Allah SWT.
  4. Membela diri sendiri
    Islam memperbolehkan umatnya untuk membela diri jika merasa dizalimi orang lain. Selagi kita merasa tidak punya salah, maka kita patut membela diri sendiri untuk mempertahankan kehormatan dan harga diri kita.
  5. Tidak perlu balas dendam
    Seperti poin ketiga, cukup serahkan segala masalah kepada Allah SWT, dan yang paling terpenting jangan pernah membalas kejahatan orang lain, biarlah tangan Allah yang akan bekerja.
  6. Memaafkan siapapun
    Dengan memaafkan orang lain, hati kita akan lebih lembut dan hidup pun terasa lebih tenang. Memang, terkadang untuk memaafkan itu berat. Tetapi ketika kita sudah ikhlas, Allah akan janjikan pahala berlipat ganda untuk umat-Nya yang senantiasa selalu bersabar dan berhusnudzon kepada orang lain.

Foto : Ilustrasi / Freepik