Ingin Jadi Pemimpin Redaksi di Media ? Ga Cukup Ilmu Jurnalistik Adab Juga Penting!!

Jakarta, GPriority.co.id – Memimpin media bukanlah suatu hal yang mudah. Di zaman yang serba modern ini, segala informasi ataupun berita harus disalurkan secara cepat kepada para pembaca, tetapi tetap harus didasarkan pada etika jurnalistik yang baik dan benar.

Untuk mengambil keputusan dan membangun tim redaksi yang baik dan berkompeten, dibutuhkan sosok pemimpin redaksi yang bukan hanya berpengalaman, tetapi juga menjadi sosok yang bisa membawa tim redaksinya mendapatkan suatu pencapaian berharga.

Dilansir dari Studocu, seorang pemimpin redaksi (pemred, editor in chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. la harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya.

Di perusahaan media manapun, Pemimpin Redaksi bertugas untuk menetapkan kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional. la bertindak sebagai jenderal atau komandan.

Disisi lain, seorang Pemimpin Redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan dan isi Tajuk Rencana (editorial) yang merupakan opini redaksi (Desk Opinion). Jika Pemred berhalangan menulisnya, tajuk bisa juga dibuat oleh Redaktur Pelaksana atau salah seorang anggota Dewan Redaksi seizin Pimpinan Redaksi.
Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang Pemimpin Redaksi:

  1. Bertanggungjawab terhadap isi redaksi situs web;
  2. Bertanggungjawab terhadap kualitas produk situs web;
  3. Memimpin rapat redaksi;
  4. Memberikan arahan kepada semua tim redaksi tentang berita yang akan dimuat pada setiap periode;
  5. Menentukan layak tidaknya suatu berita dan foto untuk ditayangkan dalam situs web;
  6. Mengadakan koordinasi dengan setiap bagian untuk mensinergikan isi situs web;
  7. Bertanggung jawab terhadap pihak lain, yang karena merasa dirugikan atas pemberitaan yang telah dimuat, sehingga pihak lain melakukan somasi, tuntutan hukum, atau menggugat ke pengadilan.

Berita yang naik setiap hari, harus dikoordinasikan dengan Pemimpin Redaksi. Oleh karenanya, Pemimpin Redaksi juga harus aktif untuk selalu berkoordinasi dengan tim redaksinya, agar menghasilkan suatu berita yang bukan hanya cepat disalurkan, namun tepat mengikuti kaidah jurnalistik, serta bernilai dan bermanfaat untuk para pembacanya.

Terpenting dari semua itu seorang pemimpin redaksi harus menjadi seorang teladan bagi media yang di pimpinnya. Sebab seperti kata orang bijak diatas ilmu masih ada adab.

Foto : Ilustrasi / Freepik