Mudah, Cara Menanam dan Merawat Seledri di Rumah

Seledri merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dicari sebagai bahan makanan ataupun dijadikan sebagai obat.

Banyak khasiat yang terkandung didalam seledri, salah satunya menjaga saluran pencernaan. Apalagi jika seledri ditanam sendiri, maka jauh lebih sehat karena tidak akan ada bahan kimia lain yang masuk.

Budidaya seledri ini cukup mudah, mulai dari menanam hingga merawatnya dapat dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.

Sebelum memutuskan untuk menanam seledri, ada baiknya kita mengetahui dulu karakteristik dari tanaman ini. Pertama seledri biasanya tidak dapat tumbuh di area berudara sangat panas. Sebaiknya cari dulu tempat yang memiliki suhu udara sejuk, karena tumbuhan hijau ini memiliki masa pertumbuhan yang panjang, sekitar 130 hingga 140 hari.

Kedua, seledri membutuhkan pasokan air yang stabil. Kita tak ingin kan tumbuhan yang kita rawat sepenuh hati gagal? Maka dari itu tanah tempat menanam seledri harus selalu dialiri air agar tumbuh dengan subur.

Kemudian, seledri membutuhkan jenis tanah subur dan kaya akan material organik. Tanaman ini membutuhkan asupan nutrisi yang banyak dan harus sering diberi pupuk selama masa pertumbuhan.

*Cara Menanam*

Setelah mengetahui karakteristiknya, berikut ini langkah-langkah menanam seledri dari sisa batangnya.

1. Siapkan batang seledri yang besar dan segar, potong kira-kira 5 cm dari ujung batang
2. Masukan batang yang sudah dipotong ke dalam mangkuk atau botol bekas yang berisi air hingga setengah atau 3 cm.
3. Tempatkan seledri dengan pencahayaan yang baik dan suhu yang tidak terlalu panas.
4. Setelah seminggu, kira-kira batang kecil mulai tumbuh menjadi tunas seledri baru, dan siap dipindahkan ke dalam pot, polybag, atau botol bekas. Jika tidak dipindahkan khawatir tunas akan membusuk dan tidak bisa digunakan lagi.
5. Tanam bibit seledri di tanah yang subur dan kaya nutrisi yang cocok untuk sayuran dan tanaman herbal. 

*Cara Merawat*

Agar tumbuh subur, seledri juga harus dirawat dengan benar. Meskipun terlihat rapuh, perawatan seledri terbilang cukup mudah.

Langkah awalnya yaitu siram seledri setiap pagi dan sore selama seminggu. Setelah itu kurangi durasi penyiramannya menjadi 2-3 kali per minggu. Hal tersebut dilakukan karena pada dasarnya media tanam seledri tak boleh terlalu becek.

Untuk pemberian pupuknya disarankan menggunakan pupuk organik cair. Cara memberi pupuknya yaitu cukup siapkan 10 ml pupuk cair yang dicampur dengan 1 liter air kemudian siramkan secara merata ke seluruh tanaman. (dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts