Semarak HUT RI, RSAM Gelar Screening dan Testing Covid Donor Darah dan Vaksinasi Gratis

GPRIORITY.CO.ID, Parepare — Nuansa berbeda pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini di Kota Parepare. Tidak ada perayaan lomba-lomba yang mengumpulkan orang, tapi nuansa edukasi dan mengedepankan aspek kesehatan.

Seperti screening dan testing Covid-19 gratis bagi masyarakat, donor darah, dan vaksinasi Covid-19 gratis.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe sudah menginstruksikan jajarannya untuk mempedomani Surat Edaran Mendagri dalam pelaksanaan peringatan HUT kemerdekaan di Parepare. Seperti meniadakan lomba-lomba yang mengumpulkan orang, pelaksanaan kegiatan ceremonial mengutamakan penggunaan teknologi informatika atau melalui media virtual, serta kegiatan-kegiatan yang dapat menekan laju penyebaran Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, mulai 1 Agustus 2021 hingga 16 Agustus 2021 dilaksanakan screening dan testing dengan pemeriksaan Rapid Antigen gratis di RSUD Andi Makkasau (AM), dan empat Kecamatan di Parepare.

“Jadi tahun ini sesuai dengan Surat Edaran Mendagri dan instruksi Bapak Wali Kota, panitia HUT kemerdekaan di Parepare, melaksanakan kegiatan yang bernuansa kesehatan, ceremoni terbatas, dan semua kegiatan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ungkap Hamka, sapaannya, Jumat, 13 Agustus 2021.

Terpisah, Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Hj Renny Anggraeny Sari mengemukakan, dalam momentum HUT kemerdekaan tahun ini, panitia tingkat kota, Bidang Kesehatan melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya screening dan testing Covid-19 di RSUD Andi Makkasau mulai 1-16 Agustus 2021, dan di empat Kecamatan dilaksanakan pada 13 Agustus 2021.

“Khusus kegiatan donor darah dan vaksinasi dilaksanakan di RS dr Hasri Ainun Habibie (HAH) pada Sabtu, 14 Agustus 2021,” kata dr Renny. (AE)

Related posts