Orang Tua yang Mau Menyekolahkan Anak ke Pesantren Atau Boarding Wajib Teliti

Jakarta, GPriority.co.id – Memilih menyekolahkan anak ke pesantren atau Boarding School merupakan sebuah Keputusan yang sangat besar dan memerlukan perhitungan yang matang. Meskipun sekolah tersebut menawarkan sistem lingkungan sekolah yang berbeda dari sekolah pada umumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda sebagai orang tua ingin menyekolahkan anak anda ke Boarding School ataupun Pesantren.

Yang paling utama adalah Kesiapan anak anda. Apakah dia siap secara mental, fisik, dan kemandirian untuk menunutut ilmu di Pondok Pesantren atau Boarding School.

Namun jika dirasa anda cukup yakin sebagai orang tua untuk menyekolahkan anak anda di Pesantren atau Boarding Scholl, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua jika anak anda sekolah di lingkungan Boarding School atau Pondok Pesantren.

Pola asuh yang terpisah
Pada saat menyekolahkan anak anda di Boarding School ataupun Pesantren, ketahui bahwa pola asuh yang diterapkan untuk anak anda sangat berbeda. Boarding School atau Pesantren menerapkan sistem mandiri untuk lingkungan pembelajaran. Seperti sistem makan siang atau malam dan mandi yang mandiri.

Kemampuan Financial
Hal ini perlu diperhatikan karena keuangan merupakan faktor penting dalam menyekolahkan anda di Pesantren ataupun Boarding School. Karena intensitas bertemu antara orang tua dan anak yang cukup jarang, maka sistem uang jajan akan dijadikan perminggu atau bahkan perbulan. Itu belum termasuk uang SPP dan kebutuhan sehari-hari anak anda di Pesantren.

Perhatian Lebih
Karena Pondok Pesantren dan Boarding School menerapkan sistem mandiri kepada siswa, maka anda sebagai orang tua harus memberikan perhatian lebih kepada anak. Tak Cuma itu anda juga harus memperhatikan guru yang ada di lingkungan teresebut. Karena penyimpangan yang terjadi di lingkungan tersebut terjadi karena acuhnya tenaga pengajar disana kepada para siswa. Sehingga munculah tragedi seperti pembullyan, perundungan, bahkan sampai penyimpangan sosial.

Mempunyai Waktu Yang Flexibel
Pada saat waktu libur atau waktu luang, sebisa mungkin anda melakukan kunjungan ke tempat anak anda belajar di Boarding School atau Pondok Pesantren. Hal ini berguna untuk memantau anak secara langsung sekaligus meninjau perkembangan anak selama disana. Dan sebisa mungkin pantau anak anda secara rutin guna menghindari anak anda terjerat masalah disana.

Peka Terhadap Kondisi
Boarding School atau Pondok Pesantren merupakan salah satu sarang dari perilaku senioritas. Hal ini harus anda perhatikan karena bisa saja anak anda merupakan korban dari perundungan disana. Jika anak anda mengalami perubahan secara fisik maupun mental, segera bertanya apa yang terjadi dengannya.

Boarding School atau Pondok Pesantren memang tak selamanya mengenai perundungan ataupun seniortas. Sistem Pendidikan ini dibangun guna melatih mental serta kemadirian anak dalam menjalani kehidupan. Jangan sampai anak anda menjadi korban ataupun pelaku dari Perundungan.

Penulis : Hadimas Kamal
Foto : pinterest