Papua Peringkat 17 Indeks Inovasi Daerah

Papua,GPriority.co.id-Dalam rangka mendorong tingkat daya saing dan optimalisasi otonomi daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, melalui Pusat Litbang Inovasi Daerah BPP Kemendagri telah membuat alat ukur tingkat inovasi di suatu daerah, melalui indeks inovasi daerah.

Indeks Inovasi daerah sendiri pada saat ini sudah memasuki tahun yang ke-4. Di tahun yang ke-4, banyak daerah yang mengalami naik dan turun seperti halnya Provinsi Papua.

Dijelaskan oleh Asisten III Sekretariat Daerah Papua, Derek Hegemur, sejak dilaksanakan penerapan Indeks Inovasi Daerah tahun 2018, Provinsi Papua pada tahun 2021 menempati urutan ke 17 dari 34 Provinsi dengan Predikat Provinsi Inovatif.

Menurut Hegemur dalam siaran persnya melalui medsos Jubir Papua, Senin (4/7/2022)Hal ini menunjukan kesungguhan Pemerintah Provinsi Papua ingin berubah dan ingin mengejar atas ketertinggalan dari Provinsi-Provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

“Jalan yang relatif paling cepat dapat ditempuh adalah dengan menggunakan Inovasi sebagai instrument untuk menetapkan arah dan kebijakan pembangunan daerah, khususnya fokus pada penyelenggaraan Pemerintah daerah dan penyelenggaraan pelayanan public,” kata Derek.

Lebih lanjut dikatakan Derek,kegiatan Kelitbangan di daerah perlu didudukkan sebagai pilar utama dalam rangkaian pelaksanaan pembangunan. Karena kegiatan ini dapat dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan pembangunan.

“Melalui fungsi kelitbangan dapat memberikan masukan-masukan sebagai dasar pertimbangan perumusan setiap kebijakan strategis pembangunan daerah, yang terlebih dahulu dilakukan melalui kajian ataupun penelitian,”tutupnya.(Hs.Foto.dok.pribadi)

Related posts