Pebisnis Diizinkan Naik Pesawat

Jakarta,gpriority-Akibat covid-19, Pemerintah melarang warga Indonesia yang di wilayah Jabodetabek dan zona merah untuk mudik. Hal ini ternyata berdampak pada Industri Transportasi Udara Indonesia.

Menurut Sekretaris Jendral Indonesia National Air Carriers Association (INACA), Bayu Sutanto menyebut Industri Transportasi Udara Indonesia  babak belur sehingga pendapatan perusahaan kini jauh berkurang.

 Melihat situasi ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin (27/4) saat ratas terbatas mengatakan bahwa pemerintah mengizinkan pebisnis untuk naik pesawat namun tidak untuk mudik.

” Pebisnis diperkenankan untuk naik pesawat, saya bilang monggo, tapi protokol kesehatan harus ketat, jangan di kami. Kami hanya menyediakan hari ini satu flight, tiga flight, tapi protokol jangan di kami supaya ada fairness. Saya minta dari Pak Doni [Kepala BNPB] yang mengatur itu, supaya jangan kita. Dikira nanti kita bisnis lagi.Jadi yang boleh berjalan itu, sesuai arahan presiden, adalah mereka yang berbisnis, bukan yang mudik,” kata Budi Karya Sumadi.

Usai melakukan pernyataan tersebut sejumlah maskapai penerbangan mengeluarkan respon, salah satunya Lion Air Grup. Selasa (28/4) lion air mengeluarkan rilis tertulis bahwa mereka akan beroperasi melayani rute domestik mulai 3 Mei mendatang bagi penumpang pebisnis setelah mendapatkan perizinan khusus dari Kementerian Perhubungan.(Hs)

Related posts