Pemerintah Berharap Kepala Daerah Turut Menambah Program Bantuan Sosial

Jakarta,Gpriority-Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan bahwa Pemerintah berharap agar setiap kepala daerah turut menambah program bantuan sosial. Sehingga, langkah tersebut mampu meminimalisir dampak dari Covid-19.

“Kami sangat berharap agar para kepala daerah juga melengkapi, menambah program-program bantuan sosial sesuai arahan Presiden yang terkahir kepada kami semua agar bisa benar-benar memastikan bahwa warga di daerahnya masing-masing yang terdampak. Benar-benar bisa mendapatkan support sehingga bisa meminimalisasi penderitaan yang mereka alami saat ini. Tentunya kami di gugus tugas semuanya bekerja keras,” tuturnya.

Juliari juga mengatakan, Kementerian Sosial menggelontorkan dana Rp 110 triliun untuk bantuan sosial untuk orang miskin yang terdampak pandemi virus corona. Menteri Sosial Juliari P. Batubara menjelaskan duit itu resminya dialokasikan ke program pengamanan sosial alias social safety net.

Juliari menyampaikan duit itu bagian dari paket stimulus senilai Rp 405 triliun negara.

“Sebagaimana telah disampaikan Presiden, melengkapi dua paket stimulus sebelumnya, dengan paket stimulus terkahir yang nilainya sekitar Rp 405 triliun, dan di antaranya ada Rp 110 triliun yang kami akan alokasikan ke program social safety net atau program jaring pengaman sosial,” kata Jaluari dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB, Kamis (2/4/2020).

Juliari mengklaim, pemerintah ingin membuktikan jika negara hadir pada saat masyarakat terkena dampak virus corona. Misalnya, masyarakat harus mendapat bantuan sosial sekaligus ingin memastikan dan membuktikan bahwa negara benar-benar hadir dan negara ingin seluruh masyarakat yang terdampak mendapatkan program-program bantuan, khususnya program-protram bantuan sosial sehingga beban yang dialami masyarakat yang sangat terdampak bisa diminimalisasi.

Juliari merinci, bentuk bantuan sosial yang diberikan berupa program bantuan sosial reguler seperti PKH, sembako, dan kartu Pra-Kerja. Selain itu, masyarakat juga mendapat diskon untuk biaya listrik hingga kredit perumahan.(Hs)

Related posts