Pemerintah Dorong Universitas Terbuka Makin Berkualitas

Pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang berperan besar dalam kemajuan negara. Tanpa adanya pendidikan, dapat dipastikan SDM di sebuah negara tidak akan mampu mengangkat bangsanya dari jurang keterpurukan. Parahnya lagi, negara tersebut lambat laun akan dijajah oleh bangsa lain.

Indonesia sebagai negara berpenduduk terbesar di dunia, tidak ingin kejadian tersebut menimpa mereka. Untuk itulah, Pemerintah mengizinkan kembali sekolah dan pesantren untuk melakukan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi dengan jumlah terbatas.

Tidak hanya itu, Pemerintah seperti dituturkan Wakil Presiden K.H.Ma’ruf Amin secara virtual pada Senin (6/9/2021) mendorong Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan sekaligus lembaga riset dan inovasi, agar terus meningkatkan kualitas dan berinovasi dalam mencetak generasi unggul yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan berbagai peluang yang muncul seiring perkembangan zaman.

“Saya mendorong Universitas Terbuka untuk terus meningkatkan kualitas dan berinovasi sejalan dengan kemajuan teknologi informasi, menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), lembaga riset, serta perguruan tinggi lain dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul di era 4.0 yang berdaya saing global dan berkarakter kebangsaan,” ujar Wapres.

Pada kesempatan ini, Wapres juga menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Terbuka yang konsisten memberikan layanan pendidikan tinggi yang terjangkau dan fleksibel bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air selama hampir empat dasawarsa.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Universitas Terbuka sebagai pionir dalam pembelajaran jarak jauh pada tingkat perguruan tinggi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wapres mengajak seluruh sivitas akademika Universitas Terbuka untuk bersama-sama masyarakat dan pemerintah, turut menyukseskan program percepatan penanganan pandemi COVID-19, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional untuk membangun Indonesia yang lebih baik. “Selamat memperingati Dies Natalis ke-37 dan selalu terdepan dalam inovasi pendidikan jarak jauh. Dirgahayu Universitas Terbuka, teruslah berkarya nyata dalam mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” tutupnya.(Hs.Foto.Setkab)


Related posts