Pemerintah Izinkan PTM Kembali Dibuka di Wilayah PPKM Level 1 Hingga 3

Jakarta,Gpriority-Kabar gembira datang dari Pemerintah Pusat, setelah memperbolehkan mal, pasar hingga tempat ibadah dibuka kembali, Pemerintah Pusat juga mempersilahkan sekolah-sekolah yang berada di wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 hingga 3 untuk membuka kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“ Seiiring membaiknya situasi pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat kembali mengizinkan sekolah-sekolah yang berada di wilayah tersebut, untuk kembali melakukan PTM,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate dalam siaran persnya pada Sabtu (21/8/2021).

Menurut Johnny yang menjadi alasan pemerintah untuk kembali membuka PTM adalah prediksi para ilmuwan bahwa Covid-19 akan menjadi suatu endemi yang berkelanjutan, sehingga seluruh pihak termasuk sekolah harus beradaptasi dan kembali bersahabat dengan Covid-19.

Terkait dengan pelaksanaannya, Mendikbudristek, Nadiem Makariem dalam siaran pers yang sama menjelaskan tetap mengacu kepada SKB 4 Menteri (Mendikbud Ristek, Mendagri, Menkes, Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi covid-19. Orangtua, lanjut Johnny, tetap memiliki kewenangan penuh untuk mengizinkan anaknya memilih mengikuti PTM terbatas atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). “Sekolah wajib menyediakan opsi PTM terbatas dan PJJ,” tegasnya.

Nadiem  juga menekankan bahwa, sekolah yang akan membuka PTM wajib mengatur kapasitas peserta didik (SD, SMP, SMA maksimal 50%), mengatur sistem shif, melaksanakan prokes ketat, dan tidak ada aktivitas lain seperti makan bersama ataupun hal lain. “Jadi hanya masuk kelas dan keluar pulang.

“Seiring kegiatan PTM terbatas, saya meminta, vaksinasi terus digencarkan. Bagi sekolah yang peserta didiknya belum mendapatkan giliran vaksinasi di wilayah PPKM level 1-3 tetap dapat menyelenggarakan PTM terbatas dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian sesuai daftar periksa yang ada dalam SKB 4 Menteri,” jelasnya.

Nadiem berharap dengan kembali dibukanya PTM bisa membuat salah satu visi dan misi Indonesia yakni menciptakan SDM Unggul dan berdaya saing bisa terlaksana.(Hs.Foto.Istimewa)


Related posts